Dapat Poin Perdana, Tim Rio Haryanto Girang Bukan Main

Dua mobil F1 Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVA.co.id – Manor Racing, tim Formula 1 tempat pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto bernaung sedang girang bukan main. Sebab, mereka sukses merebut poin perdana di F1 GP Austria, Minggu 3 Juli 2016.

Termasuk Lewis Hamilton, 8 Pembalap Kena Penalti di F1 GP Austria

Satu poin ditorehkan Manor usai pembalapnya, Pascal Wehrlein finis di posisi ke-10 dalam balapan yang digelar di Red Bull Ring kali ini. Dengan begitu, pencapaian mereka musim ini sudah lebih baik dari sebelumnya.

Di musim lalu contohnya, tim asal Inggris tersebut sama sekali tak bisa meraup poin. Alhasil mereka hanya menjadi penghuni papan bawah klasemen konstruktor F1.

Max Verstappen Tak Terbendung di F1 GP Austria 2023

(Baca juga: Nasib Rio Haryanto Lebih Baik dari Dua Mantan Juara Dunia)

"Ini luar biasa. Saya sangat bahagia! Ini adalah satu akhir pekan seperti yang lainnya dan mengakhirinya dengan cara ini adalah hadiah fantastis untuk semua orang," kata Pascal seperti dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA.co.id.

Pole Position di F1 GP Austria 2023, Max Verstappen Terhindar dari Hukuman

Hasil ini seolah memberikan bukti jika Manor layak diperhitungkan dalam persaingan ajang adu kebut jet darat musim ini. Perubahan demi perubahan dilakukan setiap jelang balapan memberikan hasil yang luar biasa.

"Ini sangat penting. Bukan hanya karena apa artinya bagi posisi kami di kejuaraan, tetapi juga menunjukkan bahwa kami telah membuat kemajuan nyata," ujarnya. 

"Ini merupakan proses langkah demi langkah, dan ini tidak selalu terlihat oleh orang-orang di luar tim, tapi hari ini adalah hari yang bagus dan hasil yang luar biasa untuk kami semua," imbuh pembalap asal Jerman tersebut.

Meski sudah sukses mengalahkan raihan musim lalu, namun Direktur Manor, Dave Ryan tak ingin terbuai. Dia yakin ke depan masih bisa menambah perolehan angka, tetapi tim mesti terlebih dahulu bekerja keras.

"Kami perlu tetap tenang dan realistis, setelah banyak kerja keras di paruh pertama musim ini, semua orang layak menikmati momen hari ini sebelum kerja keras dimulai lagi besok," tutur Dave.

(Baca juga: Duel Sengit Duo Mercedes, Rio Haryanto Finish 16)

Di sisi lain, Rio yang hanya menempati posisi ke-16 dalam balapan kali ini memberi ucapan selamat kepada tim. Sebagai pembalap, hasil ini membawa kepercayaan diri tambahan untuknya.

"Selamat kepada seluruh anggota tim untuk hasil yang luar biasa dari semua orang hari ini. Begitu banyak pekerjaan telah dilalui untuk ini dari setiap anggota tim dan itu tidak hanya bagus tapi juga sangat penting bagi kami semua untuk mendapatkan hasil ini," ucap Rio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya