Marquez Beberkan Penyebab Kecelakaan di MotoGP Malaysia

Pembalap Honda, Marc Marquez terjatuh.
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez harus pasrah hanya mampu finis di urutan ke-11 dalam MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu 30 Oktober 2016. Penyebabnya ialah kecelakaan yang dialami ketika lomba menyisakan tujuh putaran lagi.

Enea Bastianini Juara MotoGP Malaysia 2023

Saat itu, Marquez sedang berada di posisi keempat, atau di belakang pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Balapan yang digelar dalam kondisi lintasan basah membuatnya sulit untuk melakukan akselerasi.

Namun, secara perlahan dia mencoba untuk lebih menekan pembalap yang berada di depannya. Ketika hendak menikung ke kiri, upayanya tersebut berakibat fatal. Dia pun tergelincir ke luar lintasan.

Jorge Martin vs Francesco Bagnaia di MotoGP Malaysia, Penentuan Juara Dunia

(Baca juga: Jatuh Bangun Marquez di MotoGP Malaysia)

"Saya mencoba untuk menjaga posisi, dan memberi tekanan lebih di putaran akhir. Tetapi, kemudian saya justru membuat kesalahan," tutur Marquez seperti dilansir Crash.

Miris, Fabio Quartararo Hanya Punya Satu Pilihan di MotoGP Valencia 2022

"Hari ini sangat berbeda dengan kesalahan yang terjadi di Phillip Island, karena saya mencoba lebih tenang di atas motor dan menganggap ini sebagai lomba yang normal. Hingga kemudian saya kehilangan akselerasi," imbuhnya.

Menurut pembalap berusia 23 tahun tersebut, ketika terjatuh dia sama sekali tidak melakukan pengereman. Dia hanya menurunkan gas, namun justru keseimbangan di bagian depan tunggangannya menjadi tidak stabil.

Dan satu faktor yang dinilainya berpengaruh pada kecelakaan adalah pemilihan rem karbon. Dia awalnya memilih jenis itu dengan alasan untuk lebih efektif dalam melakukan titik pengereman, namun hasilnya justru berkata lain.

"Saya tidak pernah menggunakan karbon karena saya tahu akan kehilangan banyak akselerasi. Tetapi, dengan karbon saya bisa mendapatkan banyak getaran di titik pengereman. Jadi, banyak alasan kenapa semua ini terjadi," ujar Marquez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya