Pemain Lokal Bakal Unjuk Gigi di Turnamen Pramusim IBL

Duel Pelita Jaya vs Satria Muda di final IBL
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Jelang musim 2018-2019 yang bergulir mulai 30 November  2018 mendatang, Indonesian Basketball League (IBL) akan terlebih dulu menggelar turnamen pramusim pada 14-21 Oktober 2018. Turnamen ini akan diikuti oleh 10 tim peserta IBL dan digelar di GOR Sritex, Solo.

Ditekuk Satria Muda, Pelatih Pelita Jaya Kecewa

Selama satu pekan, 10 tim tersebut berkesempatan untuk menguji para pemain rookie yang sudah terpilih melalui sistem draft. Bedanya dengan musim reguler, turnamen ini hanya akan menggunakan pemain lokal.

“Turnamen ini akan mengedepankan pemain lokal. Kami coba untuk lebih mengeksplor pemain lokal," ujar Direktur IBL, Hasan Gozali, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 11 Oktober 2018.

Format Baru IBL Diharapkan Dongkrak Kualitas Timnas Basket Indonesia

Bertajuk turnamen pramusim, namun format yang akan digunakan tak jauh berbeda dengan kompetisi reguler. 10 tim akan dibagi menjadi dua grup dan akan dilakukan pengundian pada Sabtu, 13 Oktober 2018.

Adanya turnamen ini disambut baik oleh pelatih Bogor Siliwangi, Ali Budimansyah. Menurutnya, persiapan seluruh tim bakal semakin matang dengan mengikuti turnamen seperti ini.

Satria Muda Gagal Raih Three Peat, Arki Dikania Wisnu: Salah Saya!

"Turnamen ini penting buat klub peserta IBL, karena bagaimana pun sebelum kompetisi dimulai, kita butuh persiapan. Ajang ini sebagai uji coba kekuatan klub-klub IBL," kata Budi.

Senada dengan Budi, pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh, merasa turnamen ini sangat bermanfaat bagi perkembangan basket Indonesia. Apalagi, sudah lama tak ada turnamen sejenis yang resmi di Indonesia.

"Bersyukur ada lagi turnamen lokal setelah beberapa tahun terakhir tak ada turnamen lokal yang resmi di Indonesia. Jujur kita ada masalah terkait jumlah pertandingan di Indonesia. Semoga dengan adanya turnamen ini jadi awalan bagus agar jumlah pertandingan bertambah dan basket Indonesia lebih bagus lagi," ungkap dia.

IBL tetap mempersiapkan hadiah yang cukup menggiurkan. Tim juara akan mendapatkan uang hadiah Rp50 juta. Sementara itu, runner up akan mendapat Rp25 juta. Tak ketinggalan, IBL juga menyiapkan penghargaan Most Valuable Player (MVP). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya