IBL Tanda Tangani Kesepakatan dengan Perbasi dan ABL

Pelita Jaya Juara IBL 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Indonesian Basketball League (IBL) pada musim 2017-18 bersama dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan Asean Basketball League (ABL) sepakat menjalin kerja sama. 

2 Pemain Positif COVID-19, Laga Pelita Jaya Vs Satya Wacana Ditunda

Perbasi sebagai induk olahraga bola basket di Indonesia memandang perlu adanya kerja sama dengan IBL dan ABL demi meningkatkan perkembangan bola basket secara berkesinambungan di wilayah Asia Tenggara.

“ABL dalam misinya berkomitmen untuk membantu perkembangan bola basket di Asia Tenggara. Kemitraan kuat dengan Federasi Nasional dan Liga Nasional mereka adalah untuk memperkuat komitmen tersebut," kata COO ABL, Jericho Ilagan, lewat keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id.

Senjata Baru Amartha Hangtuah Arungi IBL 2022

"ABL menghormati liga nasional dan juga peraturan dan ketentuan Federasi Nasional masing-masing. Layaknya sebuah tim bola basket, kerja sama tim merupakan kunci untuk kemajuan dan kesuksesan," tambah Ilagan.

Adapun kesepakatan antara IBL dan ABL disebutkan bahwa para pemain yang telah didaftarkan oleh klubnya di salah satu liga, tidak dapat didaftarkan pada liga lainnya, pada saat yang bersamaan di musim yang sama. 

Sejarah Baru Tercipta di IBL 2022

Sementara itu, Direktur IBL, Hasan Gozali, menjelaskan, kerja sama dengan ABL untuk memastikan kedua liga mendapatkan pemain terbaik bagi setiap klub.

“Kerja sama dengan ABL, memastikan kedua liga mendapatkan pemain terbaik untuk setiap klub peserta, di saat yang bersamaan menunjukkan saling menghargai kalender masing-masign liga," ungkap Hasan Gozali.

Dijelaskan juga, bagi klub IBL yang ingin berpartisipasi di ABL di kemudian hari, ABL hanya menerima apabila sudah mendapat persetujuan dari Perbasi. 

Untuk diketahui, IBL akan memulai musimnya pada 8 Desember 2017 dan berakhir pada April 2018. Sementara itu, ABL akan dimulai pada November 2017 dan berakhir pada April 2018. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya