Kelas 62 Kg Angkat Besi Dicoret, Menpora Protes Keras

Menpora Imam Nahrawi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, memprotes keras pencoretan cabang olahraga angkat besi kelas 62 kilogram di Asian Games 2018. Sebab, dalam rapat Koordinasi Komite Olimpiade Asia (Korkom) hal itu sama sekali tak dibahas. 

Sosok Lisa Rumbewas, Legenda Angkat Besi Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade

"Tentu itu keputusan yang betul-betul kami sesali dan tentu mengagetkan kita semua, karena di Korkom kemarin tidak ada pembahasan itu dan bahkan sudah dikunci, baik itu nomor event maupun kelas yang dipertandingkan," kata Imam di sela rapat Peningkatan Kapasitas Keprotokolan dan Kehumasan di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat 23 Februari 2018.

Apalagi, atlet angkat besi Indonesia sudah melakukan test event untuk nomor tersebut. "Kok sekarang tiba-tiba federasi angkat besi Asia mengubah itu. Sudah barang tentu karena ini di luar kesepakatan Korkom, pemerintah menolak dan saya sudah berkirim surat ke OCA dan federasi Asia angkat besi untuk tidak melanjutkan sikapnya itu," tegas dia.

KONI: Meninggalnya Lisa Rumbewas Jadi Duka Mendalam Bagi Olahraga Papua

Menurutnya, sikap protes pemerintah itu penting sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga setiap keputusan yang diambil oleh Korkom. "Dan Korkom itu isinya selain dari OCA juga delegasi dari cabang olahraga yang ada. Kok ada keputusan sebelah pihak. Tentu harus kita tolak," tegas dia.

"Semua tahu bahwa kita berpeluang di nomor itu. Kemarin di Olimpiade saja kita dapat perak di nomor itu. Tentu kalau ini dicoret akan mempengaruhi target perolehan medali kita. Dan, saya tidak ingin itu dicoret karena kemarin di Korkom tidak dibahas," ujarnya.

Lifter Indonesia Satrio Adi Nugroho Rebut Perak di IWF Grand Prix II di Doha

Imam belum mengetahui detail alasan nomor 62 kilogram cabang angkat besi dicoret. "Alasannya kita belum tahu yang detail, tapi katanya sudah jadi kesepakatan federasi Asia dan anggota federasi. Ini sepihak banget. Di Korkom itu tidak pernah dibicarakan," katanya.

Magnus Iron Games

Magnus Iron Games Cetak Sejarah Dunia Powerlifting Indonesia

Tahun ini, Magnus Iron Games mencetak sejarah baru. Sebab, mereka menggelar pertandingan powerlifting untuk umum terbesar yang pernah ada di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024