Api Obor Asian Games Tak Dipadamkan Selama di Dalam Pesawat

Api Asian Games 2018 tiba di Yogyakarta
Sumber :
  • Dokumentasi INASGOC

VIVA – Api obor Asian Games 2018 sudah tiba di Yogyakarta. Api tersebut dibawa oleh pesawat tempur T50i Golden Eagle milik TNI AU dan mendarat dengan selamat di Base Ops Landasan Udara Adi Sutjipto pada pukul 08.00 WIB.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Setelah melakoni perjalanan selama empat hari dari New Delhi, India, api Asian Games langsung disambut dengan berbagai prosesi, pagi tadi.

"Obor api diarak langsung dengan tari-tarian, bergodo, dan drum band dari TNI AU menuju Museum Pusat," kata Ketua INASGOC, Erick Thohir, Selasa 17 Juli 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Nantinya, masih ada berbagai prosesi untuk api tersebut. Hanya saja, sebelumnya api akan diinapkan di Museum Dirgantara Adi Sutjipto terlebih dulu.

Selanjutnya, api akan dipindahkan ke Candi Ratu Boko. Dan pada Rabu 18 Juli 2018 bakal dilakukan pengambilan api abadi dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah. Selanjutnya, kedua api itu dipertemukan di Prambanan pada Rabu malam.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan menyatukan keduanya," ujar KSAU, Marsekal TNI Yuyu Sutrisna.

Api obor Asian Games yang diambil dari api perdamaian di New Delhi, tak pernah padam dalam perjalanan. Selama di pesawat, api ternyata tetap menyala.

Sebuah alat khusus dipasang di dalam sebuah lentera yang jadi wadahnya.

"Nyala terus apinya, tak pernah mati. Jadi, dibawa dengan lentera yang sekali diisi gas bertahan hingga 10 jam," ujar Yuyu.

Api yang sudah berwujud obor Asian Games 2018 nantinya akan diarak keliling Indonesia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya