Skenario Hujan Buatan Disiapkan untuk Asian Games 2018

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi tiba di Jayapura
Sumber :

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia menyiapkan skenario hujan buatan manakala terjadi kebakaran hutan saat perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, khususnya tuan rumah Sumatera Selatan.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Berdasar laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pesta olahraga tingkat Asia itu bersamaan puncak musim kemarau. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai menghadiri rapat koordinasi di Mapolda Metro Jaya menjelaskan, kesiapan peralatan dan aparat menangkal kebakaran hutan dengan peralatan.

"Ada siklon di atas Filipina. Kita manfaatkan ekor siklonnya sampai ke Indonesia, disemai supaya hujan," kata Hadi, Senin 30 Juli 2018.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Tidak hanya teknologi, pencegahan kebakaran hutan juga dilakukan lewat jalur darat. Aparat dan peralatan untuk teknologi modifikasi cuaca disiagakan memantau lahan gambut yang diprediksi mengering dan berpotensi munculnya titik api.

"Sebelum adanya api gambut tersebut akan kita basahi dengan pelaksanaan penyiraman oleh anggota TNI, Polri, dan dibantu dengan komponen lainnya," tutur Hadi.

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menyatakan upaya mencegah kebakaran hutan agar memuluskan acara Asian Games, yang mana Indonesia menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya.

Tidak hanya pencegahan, Tito tegas menyampaikan, kepada jajaran di bawahnya tegas terhadap pelaku pembakaran. "Jaga itu, termasuk penegakan hukumnya. Tangkap yang membakar," kata dia.

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024