17 Atlet Legendaris RI Kawal Api Obor Asian Games ke Istana Negara

Pelepasan Kirab Obor Asian Games 2018 di Palembang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Sebanyak 17 mantan atlet nasional akan menjadi torch bearer atau pembawa api obor dalam Kirab Obor Asian Games 2018 di Jakarta. Menurut rencana, para pahlawan olahraga tersebut bakal menyemarakkan kirab obor tepat saat HUT RI ke-73 pada, Jumat, 17 Agustus 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Pada 17 Agustus, api Asian Games 2018 akan menuju Istana Negara, dengan dibawa oleh 17 atlet legendaris Indonesia dan diterima oleh Presiden Joko Widodo," kata Direktur Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018, Herty Purba di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.

Sebelum menyerahkan obor Asian Games 2018 kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, satu legenda olahragawan Indonesia terlebih dahulu ikut mengarak simbol semangat dan sportivitas olahraga itu ke berbagai tempat-tempat ikonik di Ibukota.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Berdasarkan data INASGOC, legenda bulutangkis Verawati Fajrin akan ikut mengarak kirab obor di Jakarta Timur bersama artis Brandon Salim, Bintang K-Pop Se7en, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada, Rabu, 15 Agustus 2018.

Sementara mantan-mantan atlet lainnya juga turut menyemarakkan kirab obor Asian Games 2018. Mantan atlet bulutangkis lainnya, Christian Hadinata turut meramaikan kirab obor Asian Games di Jakarta Selatan bersama Ketua PB PRSI, Anindya Bakrie, artis Lukman Sardi dan Anjasmara serta mantan pebulutangkis ganda putra, Ricky Soebagdja.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Sehari selanjutnua, giliran mantan atlet cabang olahraga layar, Yuni Tresnowati yang turut hadir mengarak api abadi di Jakarta Pusat.

Saat api melewati Jakarta Barat, giliran mantan atlet bulutangkis Indonesia, Icuk Sugiarto yang ikut mengarak api abadi tersebut, bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang S Brodjonegoro, artis kembar Marcel dan Mischa Chandrawinata, serta mantan atlet tenis nasional, Angelique Widjaja.

Sementara di Jakarta Utara, mantan atlet tenis Wynne Prakusya akan mengawal api Asian Games 2018 bersama Menkumham Yasona Laoly, Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Hanif Dhakiri, serta artis Mario Lawalata.

Herty Purba berharap kirab obor Asian Games 2018  yang terakhir ini  bisa sukses dan meriah seperti daerah-daerah yang dilewati sebelumnya.

"Kami berharap di final Kirab Obor Asian Games 2018 ini, suasana bisa meriah dan tak kalah dari daerah-daerah lain," ungkapnya.

DKI Jakarta merupakan provinsi terakhir yang disinggahi rangkaian kirab obor Asian Games 2018, yang telah berlangsung sejak 15 Juli lalu dan telah mengelilingi 17 provinsi di Indonesia.

Api abadi yang diambil dari New Delhi, India, tersebut akan di arak di Kota Jakarta dari Rabu, 15 Agustus, sebelum di inapkan di Istana Negara pada 17 Agustus dan dibawa ke Upacara Pembukaan Asian Games pada 18 Agustus mendatang.

Berikut 17 mantan atlet nasional yang akan mengarak api abadi dalam kirab obor Asian Games 2018 ke Istana Negara:
1. Verawati Fajrin (bulutangkis)
2. Rudy Hartono (bulutangkis)
3. Suzanna Anggarkusuma (tenis)
4. Hermansen Ballo (tinju)
5. Lita Sugiarto (tenis)
6. Umar Syarief (karate)
7. Tri Kusharjanto (bulutangkis)
8. Ivana Lie (bulutangkis)
9. Lasmin (dayung)
10. Susyana Tjhan (wushu)
11. Lamting (taekwondo)
12. Putty Insavilla Armein (bowling)
13. Atet Wijono (tenis)
14. Silva Kristina (anggar)
15. Santia Trikusumah (sepeda)
16. Lanny Kalagis (tenis)
17. Hariyanto Arbi (bulutangkis)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya