Jepang Incar Tiga Besar Perolehan Medali Asian Games 2018

Defile kontingen Jepang di pembukaan Asian Games 2018.
Sumber :
  • INASGOC/Jefri Tarigan

VIVA – Chef de Mission (Cdm) kontingen Jepang, Yasuhiro Yamashita, membeberkan target negaranya pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Ia berharap Jepang bisa merebut posisi ketiga di klasemen perolehan medali.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Dengan kekuatan 762 atlet, Yamashita yakin Jepang mampu mencapai target tersebut. Beberapa cabang olahraga seperti renang, gulat, judo dan sofbol bakal menjadi andalan kontingen Jepang untuk meraup medali.

"Secara tradisi, kami mempunyai keunggulan di renang, senam, gulat dan judo. Selain itu, di cabang olahraga karate, sofbol, layar dan panjat tebing kami memiliki atlet-atlet yang berkualitas," kata Yamashita, dalam jumpa pers di Media Press Center, Jakarta, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Yamashita menegaskan bahwa Jepang tidak hanya mengandalkan cabang olahraga yang berpeluang meraih medali. Atlet-atlet dari Negeri Sakura itu bakal berupaya keras untuk memaksimalkan performa pada cabang olahraga yang juga dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020.

"Selain menargetkan peringkat ketiga di perolehan medali, kami juga akan memanfaatkan beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingankan di (Olimpiade) Tokyo. Jadi di dalam olahraga-olahraga itu, kami menantikan penampilan yang bagus dari atlet-atlet kami, jika mereka mampu menunjukkan itu berarti kami memiliki kontingen yang menjanjikan untuk dua tahun ke depan," ucapnya.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Yamashita juga menambahkan bahwa pada Asian Games 2018 ini, Jepang lebih fokus untuk menurunkan atlet-atlet muda. Hal ini dilakukan demi prestasi lebih baik pada Olimpiade 2020.

"Untuk mendorong prestasi para atlet di Olimpiade, kami sengaja mendorong federasi-federasi agar mempromosikan atlet mudanya pada Asian Games," ujar mantan peraih medali emas di Olimpiade 1984 tersebut.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024