Indonesia Lolos ke Final 3 Kategori Senam Artistik Putri

Logo Asian Games 2018 Jakarta-Palembang
Sumber :
  • BUMN.go.id

VIVA – Atlet Indonesia berhasil lolos ke tiga kategori babak final pada senam artistik putri Asian Games 2018 setelah menjalani pertandingan kualifikasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa, 21 Agustus 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Yang pertama, Indonesia mampu melaju final pada kategori tim usai menduduki peringkat kedelapan dari 11 negara yang turut serta. Srikandi Merah-Putih sanggup lolos setelah meraih skor 140,85 dari empat kategori yang diperlombakan, yakni meja lompat (vault), palang bertingkat (uneven bars), lantai (floor exercise), dan balok keseimbangan (balance beam).

Pada kategori tim, China menempati posisi teratas dengan skor 166,1 diikuti Korea Utara dengan skor 158,5, Korea Selatan 155,3, Jepang 153,95, Taiwan 146, Malaysia 145,5, dan India 144,3. Di Asian Games 2018, tim senam putri Indonesia berisikan Rifda Irfanaluthfi, Amalia Fauziah, Nur Cahya, Armartiani, dan Tasza Devira.
 
Sementara itu, untuk kategori vault dan floor exercise, Indonesia juga mendapatkan tiket babak final melalui Rifda setelah menempati posisi lima besar pada dua kategori. Pada kategori vault, Rifda menempati posisi kelima dengan poin 13,5. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Adapun posisi pertama sampai empat pada kategori vault ditempati pesenam asal Korea Selatan, Seojeong Yeo dengan skor 14,45, Rye Yong Pyon asal Korea Utara dengan skor 14,275, Oksana Chusovitina asal Uzbekistan dengan skor 14,2, dan Su Jong Kim asal Korea Utara dengan skor 13,85

Sedangkan, di kategori floor exercise, Rifda juga bertengger di posisi kelima dengan skor 12,56. Dan, untuk posisi pertama ditempati dua pesenam dengan skor sama 13,15 yakni, Yile Chen dari China dan Shiho Nakaji dari Jepang. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Sementara posisi ketiga ditempati Seojeong Yeo asal Korea Selatan dengan skor 12,9 dan posisi keempat ditempati pesenam Korea Utara Su Jong Kim dengan skor 12,7.

Menurut jadwal resmi, final kategori tim akan dilangsungkan hari ini, Rabu, 22 Agustus 2018. Sementara itu, untuk final kategori individual bakal dilangsungkan pada Kamis, 23 Agustus 2018. Selepas pertandingan, Rifda mengatakan bahwa keyakinannya untuk meraih hasil terbaik terdapat pada kategori vault.

"Kalau di vault karena gerakannya sama seperti di SEA Games jadi lebih percaya diri, lebih yakin karena sebelumnya sudah pernah tampil," kata Rifda, saat ditemui wartawan seusai pertandingan. 

"Terus lebih dimatengin performanya karena masih ada waktu untuk memperbaiki yang kurang," lanjutnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya