Asian Games 2018 Sukses Ciptakan Rekor Dunia

Perenang China, Liu Xiang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Andika Wahyu

VIVA – Asian Games 2018 Jakarta-Palembang memunculkan sejumlah fakta menarik. Salah satunya adalah pemecahan rekor dunia yang terjadi pada cabang olahraga renang.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Perenang China, Liu Xiang berhasil mencetak rekor dunia saat turun di nomor 50 meter gaya punggung. Dia menyalip rekor milik rekan senegaranya, Zhao Jing.

Liu mencatatkan waktu 26,98 detik pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Akuatik, Senayan, Selasa 21 Agustus 2018. Hasil itu sekaligus menempatkannya sebagai peraih medali emas.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Rekor Zhao yang patah oleh Liu tercipta pada 2009 lalu, saat turun dalam Kejuaraan Dunia di Roma. Ketika itu catatan waktunya 27,06 detik.

"Saya tidak berharap bisa memecahkan rekor dunia. Fokus saya sebenarnya ada di 50 meter gaya bebas, jadi saya relaks saja tanpa beban," ujar Liu.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Menanggapi pemecahan rekor dunia di Asian Games 2018, Direktur Umum Komite Olimpiade Asia (OCA), Husain Al Musallam merasa senang. Baginya ini menunjukkan kualitas olahraga Asia sangat bagus.

"Ini malam yang luar biasa bagi olahraga renang Asia dan Asian Games," tutur Husain.

Tak cuma itu, Husain juga memuji kualitas Stadion Akuatik. Dia menganggap fasilitas yang mumpuni menjadi salah satu penunjang atlet berprestasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya