Target Lolos Semifinal, Palembang Bank SumselBabel Ganti Pemain Asing

Pro Liga Putaran dua 2019
Sumber :
  • Sadam Maulana

VIVA – Palembang Bank SumselBabel bertekad mengamankan satu tempat untuk lolos ke babak empat besar atau final four pada kompetisi Bola Voli tertinggi di Tanah Air, Proliga 2019. Dalam upaya itu, Palembang Bank SumselBabel melakukan evaluasi dengan memasukkan satu pemain baru.

Satu Laga Pekan Ketujuh Proliga 2022 Ditunda Karena COVID-19

Pada awal putaran kedua yang berlangsung di Palembang, 11 hingga 13 Januari 2019, seluruh klub Proliga memang melakukan pembenahan. Bukan hanya dalam hal penggantian atau penambahan pemain, secara teknis pun para pelatih melakukan evaluasi dari hasil tiga seri di putaran pertama. 

Karena pada putaran kedua ini, setiap tim akan mengamankan posisi lolos ke babak empat besar. Salah satunya adalah tuan rumah, Palembang Bank SumselBabel. 

2 Laga Proliga Hari Ini Ditunda Akibat COVID-19

Klub satu-satunya yang berasal dari luar Pulau Jawa ini telah melakukan penggantian pemain asing. Ilya Nikitin, pemain asing asal Rusia yang memperkuat Bank SumselBabel pada putaran pertama lalu dipulangkan. Sebagai gantinya, Bank SumselBabel merekrut pemain asal Kroasia, Danijel Galic. 

"Kita sudah melakukan evaluasi terhadap Nikitin selama putaran pertama. Dia kita anggap tidak cocok bermain di tim kita. Makanya kita pulangkan dan diganti dengan Galic," kata pelatih Bank SumselBabeI, Pascal Wilmar, Kamis 10 Januari 2019.

Klasemen Sementara Proliga 2022 Jelang Pekan Terakhir Putaran I

Pada putaran kedua di Palembang, tuan rumah akan menghadapi dua laga di kandang. Pertama, Bank SumselBabel akan bertemu juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator.

Pertarungan kedua tim akan berlangsung besok, Jum'at 11 Januari 2019, di Palembang Sport and Convention Center atau PSCC. Sementara laga kedua, Bank SumselBabel akan menjamu tim debutan, Sidoarjo Aneka Gas Industri pada Minggu, 13 Januari 2019. 

Dua laga itu, bagi Pascal, merupakan partai hidup mati Bank SumselBabel. Pasalnya, jika pada dua laga itu meraih kemenangan, maka peluang lolos ke final four relatif lebih ringan. 

"Saat ini, tim Wong Kito sudah meraih tiga kemenangan dari lima laga dan merenggut poin delapan. Kalau dua pertandingan di Palembang kita menang dengan skor 3-0 atau 3-1, posisi kita ke babak final four lebih aman," terangnya.

Pada laga seri perdana putaran kedua ini memang menjadi kesempatan terakhir bagi tim untuk mengganti pemain, yaitu mengganti satu pemain asing bagi tim yang sudah memiliki dua pemain asing pada putaran pertama. Jika masih memiliki satu pemain asing diperkenankan menambah satu pemain lagi. 

Sedangkan untuk pemain domestik atau pemain lokal, setiap tim boleh mengganti dua pemainnya jika sudah mendaftarkan maksimal 15 pemain. Jika belum melengkapi jumlah itu, maka boleh menambah hingga mencapai jumlah yang diperbolehkan, sesuai aturan. 

"Ini kesempatan terakhir untuk menambah atau mengganti pemain bagi semua peserta Proliga 2019 sebelum seri Palembang dimulai. Setelah Palembang tidak ada lagi penggantian atau penambahan," ujar Hanny S. Surkatty, Direktur Proliga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya