Libatkan Mahasiswa, Palembang Gelar 2 Ajang Sport Tourism

Poltekpar menandatangani MoU dengan PT JSC
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana (16-02-19)

VIVA – Usai ditetapkan sebagai pusat wisata olahraga, kota Palembang melalui kompleks Jakabaring Sport City atau JSC akan menggelar dua event sport tourism sekaligus.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Event ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Palembang, Sumatera Selatan. Event  pertama yang diselenggarakan yaitu Jakabaring Wonderful Run, digelar pada 10 Maret 2019.

Sementara event kedua digelar pada 27 April 2019, The First Championship Futsal mahasiswa. Event ini akan melibatkan beberapa negara ASEAN. Menariknya, dari dua event ini ialah adanya keterlibatan mahasiswa.

Sport Tourism Jadi Cara Jitu Datangkan Wisatawan

Penyelenggara event dilaksanakan Politeknik Pariwisata atau Poltekpar Palembang, perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Pariwisata yang dihuni Sumber Daya Manusia memadai.

Poltekpar mendapat mandat dari Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk fokus menggarap Bumi Sriwijaya sebagai pusat unggulan atau Centre of Excellence Sport Tourism di tanah air.

Gandeng Golftrovert, FUNDtastic Gelar Turnamen Golf VOL.1 2024

PT JSC dan Poltekpar Palembang telah menandatangani Memorandum of Understanding atau MoU di kantor Poltekpar JSC Palembang pada Jumat, 15 Februari 2019, guna berkolaborasi menggelar dua event sport tourism.

"Poltekpar telah menandatangani MoU dengan PT JSC. Karena kementerian pariwisata, dalam hal ini bapak Arief Yahya telah menetapkan bahwa Sumsel centre of excelence untuk sport tourism," kata Direktur Poltekpar Palembang, Zulkifli Harahap.

Zulkifli menjelaskan, pihaknya dari tenaga pendidikan Poltekpar juga ditetapkan terhadap kajian atau penyelengaraan sport tourism, di mana sport tourism ini menjadi roda penggerak ekonomi yang dihasilkan Sumsel.

Zulkifli berharap, dengan menjadi penyelenggara event, Poltekpar Palembang akan memperkuat posisinya terhadap sport tourism.

"Kami implementasikan langsung. Tanggal 10 Maret nanti bersama dengan PT JSC menyelenggarakan event perdana yang dibuat mahasiswa yaitu Jakabaring Wonderful Run," terangnya.

"Kemudian dilanjutkan April menyelenggarakan event perdana berskala regional. 27 April the First Championship futsal mahasiswa yang akan melibatkan beberapa negara ASEAN," jelasnya.

Sementara Direktur Utama PT JSC Meina Paloh menyatakan, pihaknya telah siap karena keberadaan venue pasca Asian Games 2018 dalam kondisi baik dan dalam perawatan.

"Semua venue bertaraf internasional. Kita juga ada wisma atlet yang dapat menampung lebih dari 2 ribu orang sekaligus," ungkapnya.

Selain itu, Meina menjabarkan dengan adanya MoU ini, PT JSC dan Poltekpar Palembang saling terintegrasi dalam hal sport tourism, maupun sektor pendidikan pariwisata itu sendiri. 

"Mahasiswa Poltekpar langsung magang dan praktek saja di JSC. Kita saling mendukung untuk kemajuan dunia pendidikan dan pariwisata," jelas Meina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya