FISI Mulai Siapkan Amunisi Jelang SEA Games 2019

Atlet Ice Skating Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Federasi Ice Skating Indonesia (FISI), memulai langkahnya dalam persiapan menuju SEA Games 2019 Manila. Hal itu ditandai dengan digelarnya Indonesia Figure Skating National Championship (IFSNC) atau kejuaraan nasional figure skating 2019.

Memukau, Atlet Ice Skating Malaika Khadija Fatiha Masuk 7 Besar Kompetisi di Eropa

Event itu mengambil tempat di OASIS Centre Arena, Jakarta Timur pada 13-14 April 2019. Sebanyak 98 peserta baik putra maupun putri ambil bagian dalam kejuaraan ini.

Menariknya, meski ini merupakan salah satu seleksi untuk pelatihan nasional, FISI juga mengundang peserta asing dari Vietnam, Malaysia dan Korea Selatan. Anak-anak berusia delapan hingga 20 tahun tampil memukau dan unjuk kebolehan agar dilirik untuk masuk pelatnas.

Harumkan Nama Bangsa, Atlet Cilik Medina Khaira Fastabiqa Juarai Kompetisi Ice Skating di Malaysia

"Kami dari FISI punya target khususnya di 2019 yaitu SEA Games Manila karena itu akan menjadi SEA Games kedua kami. Acara ini merupakan salah satu seleksi kami jelang multievent tersebut," kata Ketua FISI, Susan Herawati, kepada wartawan, Minggu 14 April 2019.

Susan mengaku sangat serius mempersiapkan tim untuk SEA Games 2019. Sebab, targetnya pun tak main-main, yakni dua medali emas dan satu medali perak.

Harumkan Nama Bangsa, Atlet Ice Skating Mikaila Kaia Fathima Raih 3 Medali di Ajang Internasional

Target itu dipatok setelah melihat pencapaian pada SEA Games sebelumnya. Kala itu, ice skating hanya bisa meraih satu medali perak dan satu medali perunggu pada keikutsertaannya yang pertama.

"Dua tahun lalu cabang olahraga ice skating juga ikut SEA Games. Mungkin kemarin karena baru pertama kali dipertandingkan hanya dapat satu medali perak dan satu medali perunggu. Tapi, di 2019 kami sangat mengharapkan dua medali emas dan satu medali perak," tambah Susan.

Ditambahkan Susan, nantinya FISI akan mempersiapkan 14 atlet yang akan dikirim ke SEA Games Manila. Terdiri dari 10 atlet short track dan empat atlet figure skating.

Perhelatan ini juga didukung oleh Pelaksana Tugas Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Helen Sarita De Lima. Dia berharap dengan perhelatan IFSNC, makin banyak atlet ice skating muda yang bermunculan sehingga bisa mewujudkan target mendulang dua medali emas SEA Games 2019.

"Saya bangga dengan klaim FISI akan menyumbangkan dua medali emas dan satu medali perak. Itu adalah sebuah pernyataan yg membanggakan," ujar Helen.

"Kalau SEA Games 2019 ada peningkatan menjadi dua medali emas dan satu medali perak, itu berarti ice skating bisa jadi olahraga prioritas untuk kita pikirkan ke depan agar berpartisipasi di multievent lainnya." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya