Insan Olahraga Tanah Air Sambut Positif Penunjukan Erick Thohir di IOC

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Segenap insan olahraga menyambut positif penunjukan Erick Thohir sebagai salah satu elite tertinggi Komite Olimpiade Dunia, IOC. Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan berharap penunjukan Erick akan semakin memberikan angin segar bagi dunia olahraga di Indonesia, khususnya para atlet.

Hadiri HUT ke-70 KOI, Ketum PRSI Siap Jawab Tantangan KOI

"Selamat dan semoga sukses untuk Pak Erick Thohir. Semoga bisa membawa dampak positif untuk Olimpiade yang kita ikuti, terutama nantinya bisa memperjuangkan Indonesia untuk tuan rumah Olimpiade 2032," ungkap Eko Yuli saat dihubungi, Kamis 27 Juni 2019.

Hal yang sama diutarakan Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung yang berharap dipilihnya Erick menjadi anggota IOC dapat dimanfaatkan melobi anggota komite lainnya dalam proses penentuan tuan rumah Olimpiade. "Semoga Erick bisa melobi IOC members yang lain agar memilih Indonesia dalam bidding," ujar Tigor.

Ultah ke-70, KOI Usung Cita-cita Tinggi buat Olahraga Indonesia

Di sisi lain, ia berharap agar Erick dapat menawarkan proposal pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dengan kemasan yang menarik.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto mendukung ikut mengapresiasi terpilihnya Erick Thohir sebagai anggota IOC yang merupakan hal positif dalam lingkup olahraga di Indonesia.

Buka Rapat Anggota KOI, Suharso: Cara Konvensional Harus Ditinggalkan

Ia beralasan, Indonesia sudah cukup lama tak mengirimkan wakilnya dalam badan tertinggi olahraga dunia tersebut. "Sudah lama sekali, kan 10 tahun sudah tidak ada orang Indonesia lagi di sana," kata Gatot.

Kemudian, Gatot menilai sosok Erick memiliki kapabilitas mengemban tugas sebagai anggota komite. Berbekal pengalaman sebagai Ketua INASGOC, membuat Gatot yakin Erick dapat menjalankan tugasnya.

"Erick Thohir sudah teruji di Asian Games, beliau juga bukan orang yang asing di IOC dan sudah sangat dekat dengan Thomas Bach," jelasnya.

Pengusaha yang juga Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir secara resmi ditunjuk sebagai salah satu petinggi Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada sidang IOC ke-134, yang berlangsung di Laussane, Swiss, 24-26 Juni 2019. Setelah 10 tahun Indonesia tidak memiliki perwakilan, sekarang Indonesia berkesempatan menduduki kursi elite di organisasi olahraga terbesar di dunia.

Majelis Umum IOC memutuskan menunjuk Erick untuk menduduki kursi Member IOC bersama puluhan tokoh olahraga dunia lain. Bersama Erick, ada pula Ketua Olimpiade India Narinder Dhruv Batra dan Presiden Komite Olimpiade Korea Selatan Kee Heung Lee yang menduduki kursi teras IOC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya