Judo Indonesia Bidik Empat Medali Emas di Ajang SEA Games 2019

Ilustrasi Pertandingan Judo
Sumber :
  • Viva.co.id/ Riki Ilham Rafles

VIVA – Tim judo Indonesia menargetkan perolehan empat medali emas dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina, yang bakal berlangsung pada November-Desember mendatang. 

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Pasukan tuan rumah dan Thailand dengan atlit naturalisasi dari Jepang disebut-sebut menjadi lawan yang paling diwaspadai dalam cabang olahraga tersebut.    

Ketua Wasit sekaligus Pelatih Judo Nasional, AKBP Kasto Subekti mengatakan, meski para atlet judo dari kedua negara tersebut cukup berat, namun pihaknya optimis dapat mempertahankan prestasi SEA Games sebelumnya dengan perolehan tiga sampai empat medali emas.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

“Kami berharap bisa mencuri medali emas dari kelas menengah 73 kg dan 81 kg. Tapi, ancaman serius bisa datang dari tuan rumah dan Thailand,” katanya saat ditemui usai melakukan kunjungan di kantor Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna pada Kamis 27 Juni 2019

Pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, atlet judo Indonesia meraih dua keping medali emas, satu perak dan satu perunggu. Raihan tersebut mengantar Indonesia sebagai juara umum, unggul 1 perak dari Filipina.

Beda dengan Zara, Atlet Judo Ini Pilih Didiskualifikasi Dibandingkan Lepas Hijab

Terkait hal itu, kini sebanyak 20 atlet judo digembleng di Pelatnas Ciloto, Jawa Barat. Mereka akan diseleksi secara ketat hingga terbentuk tim inti sebanyak 4 atlet putra dan 4 atlet putri. 

“Kami akan training center ke Jepang pada pertengahan Juli nanti. Dari sana baru bisa ditentukan siapa yang berhak mewakili Indonesia di SEA Games Filipina nanti.”

Menurut Kasto Subekti, tuan rumah Filipina hanya mempertandingkan empat nomor. Namun belum diketahui nomor-nomor apa saja yang dipertandingkan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, pertemuannya dengan tokoh judo nasional itu bersifat silaturahmi. Pradi mengaku, antara dirinya dan Kasto Subekti telah berkawan cukup lama.

“Saya merasa terkesan didatangi ketua wasit dan pelatih pelatnas judo nasional. Saya berharap Kota Depok juga bisa menyumbangkan atlet judo ke pentas nasional,” katanya

Pradi pun berharap, kedepannya olahraga judo di Depok dapat berkembang. Karena itulah, Pradi pun meminta pengurus judo di Kota Depok untuk aktif memantau atlet-atlet muda Depok dan menggelar kompetisi. 

“Insya Allah suatu saat nanti atlet judo dari Depok juga akan ikut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kita optimis dong, Depok ini juga kan banyak atlet-atlet yang berpotensi,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya