Juara All England Kalahkan Ratu Olimpiade di Final China Open 2019

Chen Qingchen/Jia Yifan
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Chen Qingchen/Jia Yifan berhasil merampas mahkota juara ganda putri turnamen BWF Super 1000, China Open dari tangan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Mahkota juara China Open yang sudah setahun dikuasai ranking 3 dunia itu akhirnya harus berpindah tangan. Sebab di final China Open 2019, Misaki/Ayaka ditumbangkan Chen/Jia.

Dalam pertandingan final yang dilangsungkan di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China, Minggu, 22 September 2019, Misaki/Ayaka benar-benar tak berdaya menghadapi wakil tuan rumah itu.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Pada game pertama saja, penguasa tahta juara All England Open 2019 itu dengan mudah merebut kemenangan dengan angka yang cukup telak 21-14.

Meski unggul ranking, tapi terlihat jelas ada penurunan kualitas dialami Misaki/Ayaka. Dengan mudahnya Chen/Jia menggempur pertahanan mereka. Padahal selama ini duo Jepang peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu terkenal sangat alot untuk ditembus.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Terbukti di semifinal kemarin, penguasa ranking 2 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dibuat kewalahan menembus pertahanan Misaki/Ayaka.

Di pertandingan game pertama final melawan Chen/Jia, pertahanan itu seolah sudah roboh. Mereka hanya mampu mengimbangi duo China itu hingga angka sama kuat 10-10, setelah itu mereka babak belur.

Pada game kedua, kondisi tak jauh berbeda. Misaki beberapa kali harus jatuh berguling di lapangan akibat tak mampu membendung bola-bola dropshot yang dilepaskan Chen dan Jia secara bergantian. Ditambah lagi mereka berada di bawah tekanan suporter tuan rumah.

Yang parahnya, Misaki/Ayaka cuma mampu mengimbangi angka pada kedudukan 2-2 saja, selanjutnya perolehan poin mereka tercecer jauh dari Chen/Jia. Sampai akhirnya pada menit 40 Chen/Jia merebut kembali tahta juara turnamen berhadiah 1.000.000 Dolar AS itu dari tangan Misaki/Ayaka dengan memenangkan game kedua dengan angka 21-18.

Perlu diketahui, Chen/Jia menjuarai China Open pada 2017. Tapi di tahun berikutnya mereka gagal mempertahankan gelar itu dan akhirnya Misaki/Ayaka membawa pulang tahta juara China Open 2018 ke negeri sakura.

Baca: Anthony Ginting Si Pembunuh Raksasa Tumbang di Final China Open 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya