Selain Olimpiade, Ajang Olahraga Ini Juga Bakal Panaskan Tahun 2020

Persiapan Tokyo menuju Olimpiade 2020
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zaky Al-Yamani

VIVA – Panggung olahraga internasional akan bergeliat menatap berlangsungnya deretan pergelaran akbar. Pada tahun perdana awal dekade ini, bakal dihelat sejumlah event olahraga bergengsi berkelas dunia dan menarik untuk dinantikan sepanjang 2020.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Dari kawasan regional Asia Tenggara, dijadwalkan pada 20-28 Januari mendatang akan berlangsung gelaran pesta olahraga disabilitas dalam penyelenggaraan ASEAN Para Games 2020 di Manila, Filipina.

Kontingen Indonesia diharapkan mampu mengulang prestasi dua tahun lalu di Kuala Lumpur, Malaysia yang merebut titel juara umum. Dengan target setidaknya merebut 100 medali emas, armada atlet disabilitas Merah Putih cukup percaya diri membidik capaian tersebut.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Selain ajang multievent ASEAN Para Games, salah satu gelaran olahraga internasional yang dinantikan publik Tanah Air adalah ajang supremasi bulutangkis dunia, Piala Thomas Uber 2020.

Perebutan trofi beregu putra dan putri bulutangkis paling bergengsi tersebut akan dihelat di Hall Aarhus Idraetspark, Denmark pada 16-24 Mei 2020 mendatang.

Greysia Polii Masuk Jajaran Komite Eksekutif NOC Indonesia

Setelah itu, pentas olahraga internasional bakal bergulir pesta sepakbola benua biru dalam perhelatan Piala Eropa 2020, pada 
12 Juni-12 Juli mendatang.

Dalam UEFA Euro edisi tahun ini, format baru akan diberlakukan dengan menjadikan 12 kota dari 12 negara akan menjadi tuan rumah tempat penyelenggara turnamen.

Adapun kota-kota penyelenggara Piala Eropa 2020 tersebut adalah Baku, Amsterdam, Brussel, Kopenhagen, London, Budapest, Roma, Munich, Bilbao, Glasgow, Sankt Peterburg, Bukares, Dublin.

Dua hari setelah final Piala Eropa, jagat internasional kembali disuguhkan gelaran akbar dalam semarak Olimpiade Tokyo 2020. Multievent paling bergengsi tersebut akan ikuti sebanyak 206 negara peserta dan memperebutkan 339 medali emas.

Perhelatan Olimpiade musim panas ini bakal resmi dimulai dalam momen upacara pembukaan pada 24 Juli hingga berakhir dalandalam upacara penutupan pada 9 Agustus mendatang.

Tak cuma multievent bergengsi dari kancah internasional yang bergeliat namun panggung Tanah Air pun akan diramaikan persaingan dari pentas Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 pada 9-21 September mendatang.

Mempertandingkan sebanyak 37 cabang olahraga, PON tahun ini akan mencatatkan sejarah gelaran ini akbar multievent olahraga pertama di bumi Papua yang dipusatkan berlangsung di Stadion Papua Bangkit.

Dan di penghujung tahun 2020 nanti, satu lagi gelaran olahraga yang bakal dinantikan publik Tanah Air yakni perhelatan turnamen sepakbola Piala AFF 2020.

Seperti gelaran sejumlah edisi sebelumnya, ajang Piala AFF selalu menarik perhatian sebagai pentas penguasa sepakbola Asia Tenggara. Kali ini, turnamen dua tahunan tersebut akan berlangsung pada 21 November hingga 27 Desember 2020.

Sebelumnya, tepatnya pada 24 Februari-10 Maret 2020 pencinta sepakbola Tanah Air akan menantikan juga penampilan timnas futsal Indonesia yang berlaga di pentas Piala Asia Futsal 2020 yang bakal berlangsung di Ashgabat, Turkmenistan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya