Pebulutangkis Malaysia Ngeri, Jonatan Christie Bisa Keok di Final BATC

Jonatan Christie.
Sumber :
  • PBSI (Badminton INA).

VIVA – Tim putra bulutangkis Republik Indonesia akan bentrok dengan tim Malaysia di final Badminton Asia Team Championships 2020.

Amallia/Rachel Tumbang, Indonesia Dipastikan Tanpa Gelar di BATC 2024

Berbagai strategi tentunya sudah disiapkan kedua tim agar bisa keluar sebagai pemenangan ajang dua tahunan ini.

Ada hal menarik dalam daftar susunan pemain yang diterbitkan Federasi Bulutangkis Malaysia untuk menghadapi sang juara bertahan di final yang dilangsungkan di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu 16 Februari 2020.

Indonesia Gagal ke Semifinal BATC 2024, Yohanes Saut Marcellyno Minta Maaf

Di sektor tunggal putra, Malaysia dengan percaya dirinya mengerahkan pemain cadangan untuk menghadapi Jonatan Christie. Pemain cadangan itu bernama Cheam June Wei.

Jika berkaca dari peringkat di ranking bulutangkis dunia, tentunya Cheam bukan lawan sebanding bagi Jojo. Cheam hanya bercokol di ranking 72 dunia sedangkan Jojo penguasa ranking 7 dunia.

Skuad Indonesia Terbang ke Malaysia, Siap Tempur di BATC 2024

Namun, Jojo tak boleh meremehkan kemampuan pebulutangkis 23 tahun ini. Walau cuma pemain cadangan. Tapi di BATC 2020 ini rekam jejak Cheam lebih baik ketimbang Jojo.

Cheam June Wei

Oke lihatlah fakta rekam jejak Cheam dan Jojo ini. Di BATC 2020, Cheam sudah 4 kali diturunkan tim Malaysia. Dari 4 laga dia berhasil memenangkan 3 laga dan baru sekali kalah.

Cheam hanya kalah ketika tampil di laga perdana penyisihan Grup B, ketika itu secara tak terduga dia dikalahkan tunggal putra Kazakhstan, Artur Niyazov dengan angka.

Setelah kekalahan itu, Cheam tampil mengganas, di laga kedua penyisihan Grup B Cheam menghajar jagoan India, Kidambi Srikanth. Lalu di perempatfinal Cheam menghancurkan andalan Korea Selatan, Son Wan Ho.

Dan yang paling mengejutkan di semifinal Cheam mempecundangi Kenta Nishimoto saat Malaysia menghancurkan Jepang.

Sementara itu, di BATC 2020 Jojo baru sekali meraih kemenangan. Padahal dia sudah 3 kali tanding lho. Jojo hanya mampu meraih kemenangan dari tunggal putra Filipina, Lanz Ralf Zafra saat RI berhadapan dengan tim tuan rumah itu di perempatfinal.

Dua kekalahan di alami Jojo masing-masing di babak penyisihan Grup A dan perempatfinal. Di penyisihan Grup A Jojo dihajar Son Wan Ho. Dan di perempatfinal Jojo dipecundangi pemain muda India, Lakshya Sen.

Nah, jika melihat rekam jejak ini, tentunya Cheam menjadi ancaman serius bagi Jojo di final nanti. Apalagi semangat pebulutangkis Malaysia untuk menghentikan dominasi juara RI di BATC sedang tinggi-tingginya. Bisa saja Jojo keok di tangan Cheam.

Baca: Fakta Rekor Buruk Fajar/Rian di Balik The Daddies Pisah di Final BATC

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya