Protokol Kesehatan Olahraga, Menpora Cari Referensi dari Luar Negeri
Jumat, 29 Mei 2020 | 18:48 WIB

Protokol Kesehatan Olahraga, Menpora Cari Referensi dari Luar Negeri

Organisasi Olimpiade Internasional sudah memberikan panduan
Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers SEA Games 2019
Photo :
  • instagram.com/kemenpora/

Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers SEA Games 2019

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menggelar pertemuan dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), NOC (Komite Olimpiade Indonesia), dan FORMI (Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) secara virtual, Jumat, 29 Mei 2020. Dalam pertemuan tersebut membahas soal persiapan protokol olahraga di era new normal. 

Dalam pertemuan itu, tidak hanya membahas soal protokol kesehatan baru, terkait kompetisi, pemusatan latihan dan juga kegiatan olahraga masyarakat. Amali menegaskan, dalam persiapan protkol olahraga di era new normal tersebut, pihaknya tetap berpatokan dengan panduan yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas COVID-19. 

Di sisi lain, pemerintah juga akan mengadopsi referensi dari negara-negara di luar negeri yang sukses tetap menjalankan kegiatan olahraga meski di tengah pandemi virus corona. Referensi tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia.

"Kita akan adopsi referensi dari panduan-panduan negara lain. Minimal negara Asia Tenggara, seperti Vietnam bagaimana mereka bisa mengatur olahraga di tengah pandemi virus corona. Nanti kami akan adopsi dengan kondisi yang ada di Indonesia," kata Amali.

Menurut Amali, tantangan terberat adalah nantinya adalah soal kedisplinan. Amali tidak ingin kegiatan olahraga menjadi bumerang. 

"Kita harus sangat hati-hati benar, jangan sampai jadi bumerang. Jangan sampai justru sebaliknya kegiatan olahraga jadi kluster baru penyebaran virus corona," tambahnya.