Usai Inggris dan Australia, Giliran MotoGP Jepang Batal Digelar

Balapan MotoGP
Sumber :
  • twitter.com/yamahamotogp

VIVA – Kabar buruk kembali menghampiri penggemar MotoGP. Dorna, selaku operator, telah mengambil keputusan untuk membatalkan MotoGP Jepang.

Jorge Martin Juara MotoGP Jepang 2023, Marc Marquez Kembali ke Podium

Keputusan itu diambil pada Senin, 1 Juni 2020. Alasan utamanya tak lain karena masih adanya pandemi virus corona COVID-19.

Sejatinya, MotoGP Jepang bakal dihelat pada 18 Oktober mendatang. Di antara MotoGP Thailand (4 Oktober) dan MotoGP Malaysia (1 November).

Jorge Martin Juara Sprint Race Jepang, Persaingan Juara MotoGP 2023 Makin Ketat

Kepastian ini membuat seri Jepang menjadi seri ketujuh (termasuk MotoGP Qatar) yang dibatalkan oleh Dorna sebelum sempat digelar. Beberapa hari lalu, MotoGP Inggris dan MotoGP Australia juga telah dibatalkan.

"Dengan rasa kesedihan mendalam kami harus mengumumkan pembatalan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi yang unik. Itu berarti kami tak melakoni MotoGP Jepang sejak ada di kalender mulai 1986," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dikutip Crash.

Marc Marquez Buka Peluang Cabut dari Honda

Itu berarti masih ada sembilan seri yang masih berpeluang digelar dengan sejumlah seri mendapat jadwal baru. Sementara ada empat seri yang ditunda. Namun, hingga kini belum ditentukan kapan MotoGP 2020 bakal dihelat.

Bila nantinya sudah dimulai kembali, kemungkinan terbesar balapan motor kelas tertinggi ini akan terpusat di Eropa hingga pertengahan November mendatang. Balapan di luar Eropa baru akan digulirkan setelahnya.

Jorge Martin, Francesco Bagnaia, dan Marc Marquez podium MotoGP Jepang 2023

Martin Dekati Bagnaia di Klasemen MotoGP 2023, Jadi Ancaman Serius Juara Dunia

Jorge Martin berhasil memenangkan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi pada Minggu 1 Oktober 2023. Dia kini jadi ancaman serius bagi Francesco Bagnaia di klasemen MotoGP 2023.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2023