20 Tahun Berkarier di Bulutangkis, Lin Dan Resmi Pensiun

Pebulutangkis China, Lin Dan.
Sumber :
  • Instagram: lindan.world

VIVA – Pebulutangkis tunggal putra China, Lin Dan umumkan gantung raket. Ia mengumumkan pensiun dari bulutangkis, Sabtu, 4 Juli 2020 melalui media sosial. 

Jonatan Christie Terjatuh dari Kursi Roda dan Juara di French Open

Lin Dan sudah berkarier di bulutangkis selama 20 tahun. Beberapa prestasi pun ia torehkan, dari dua kali peraih emas di Olimpiade hingga lima kali juara dunia. 

"Dari tahun 2000 sampai 2020, setelah 20 tahun saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengatakan dengan lantang," kata Lin Dan dikutip dari Xinhua. 

Viktor Axelsen is the Third-time Winner at BWF World Tour Finals

"Di usia 37 tahun dan kondisi fisik serta cedera membuat saya tidak lagi memungkinkan untuk bersaing. Ada rasa terimakasih, keengganan dan frustrasi. Saya berharap dapat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga saya dan juga mencari 'kompetisi' baru," tambahnya. 

Pebulutangkis China, Lin Dan.

Viktor Axelsen Mengerikan, Juara Lagi di BWF World Tour Finals 2023 

Lin Dan juga mengucapkan terimakasih kepada negara, pelatih, keluarga dan penggemarnya atas dukungan selama kariernya di dunia bulutangkis. 

"Setelah melewati empat kali olimpiade, saya tidak pernah berpikir untuk meninggalkan olahraga ini, saya tidak memikirkannya. Saya mendedikasikan segalanya untuk olahraga yang saya cintai," jelasnya.

"Terimkasih juga untuk 'lawan' yang luar biasa yang menginspirasi saya," katanya. 

Dalam dunia tunggal putra bulutangkis, Lin Dan menjadi salah satu 'Top Four Kings'. Tiga lainnya adalah, Taufik Hidayat (Indonesia), Peter Gede (Denmark), Lee Chong Wei (Malaysia).

Sementara itu, Presiden Asosisasi Bulutangkis China, Zhang Jun mengucapkan terimakasih kepada Lin Dan. 

"Selama bertahun-tahun, Lin Dan saat latihan, kompetisi dan prestasi ia telah membuktikan bahwa ia adalah atlet yang hebat. Saya berharap kehidupan Lin Dan setelah pensiun akan berjalan dengan baik, dan saya berharap ia tetap dekat dengan dunia bulutangkis," kata Zhang Jun. 

Baca juga:

Mengenang Ayah Khabib Nurmagomedov, Pernah Ditolak Masuk di AS

Rencana Masa Depan Pemain Chelsea, Pilih Lanjutkan Karier di AS

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya