Lin Dan Penghancur Pebulutangkis RI yang Terkubur di Indonesia
Minggu, 5 Juli 2020 | 00:02 WIB

Lin Dan Penghancur Pebulutangkis RI yang Terkubur di Indonesia

Lin Dan tak pernah juara Indonesia Open.
Lin Dan.
Photo :
  • BWF

Lin Dan.

VIVA – Bulutangkis dunia baru saja kehilangan salah satu atlet terbaik. Li Dan, pebulutangkis asal China itu resmi mengumumkan pensiun melalui media sosial miliknya, Sabtu 4 Juli 2020.

Lin Dan mengakhiri 20 tahun karier di bulutangkis dengan segudang prestasi. Pada 2000-an, kehebatan Lin Dan hampir tidak tersentuh oleh lawan-lawannya. Ia pernah memenangi Olimpiade 2 kali, juara dunia 5 kali, juara All England 5 kali, 4 Kejuaraan Bulutangkis Asia. 

Di kategori beregu, ia meraih 6 Piala Thomas bersama Timnas Bulutangkis China, salah satunya mengalahkan Indonesia di final pada 2010. Sedangkan di ajang Piala Sudirman, ia menjadi juara sebanyak 5 kali.

Lin Dan, bagi pebulutangkis Indonesia adalah suatu musibah.  Selain menjadi raja bulutangkis dunia, Lin Dan adalah pebulutangkis yang sangat menakutkan bagi jagoan-jagoan Indonesia hingga detik ini.

Pebulutangkis China, Lin Dan.

Sebut saja legenda Indonesia, Taufik Hidayat. Dia tak mampu menandingi kehebatan Lin Dan. Kemudian Simon Santoso, dan Tomy Sugiarto pun tak bisa berbuat banyak saat berhadapan dengan Lin Dan. Buktinya, dalam data BWF, Lin Dan selalu dominan atas tiga jagoan Indonesia itu. 

Dengan Taufik Hidayat contohnya, dari 17 pertarungan di antara mereka, Lin Dan berhasil menghempaskan Taufik 13 kali dan hanya kalah empat kali. 

Pertemuan terakhir Lin Dan dengan Taufik terjadi pada perempat final Olimpiade 2012 di London. Ketika itu, Lin Dan dengan mudah menghabisi Taufk 21-9, 21-12.

Hal yang sama jika membandingkan Lin Dan dengan Simon Santoso. Dari 12 pertandingan, Lin Dan nyaris tak tersentuh atas Simon. Lin Dan menang 11 kali dan kalah satu kali.