Fakta Mengejutkan di Balik Pensiunnya Raja Raksasa Bulutangkis Dunia

Pebulutangkis China, Lin Dan.
Sumber :
  • Instagram: lindan.world

VIVA – Raja raksasa bulutangkis dunia, Lin Dan memutuskan pensiun. Ia mengumumkan gantung raket pada Sabtu, 4 Juli 2020 melalui media sosial. 

Marcus Fernaldi Gideon Pensiun, PBSI Panggil Minions

Lin Dan sudah berkarier selama 20 tahun. Beberapa prestasi pun ia torehkan, dari dua kali peraih emas di Olimpiade hingga lima kali juara dunia. 

"Dari tahun 2000 sampai 2020, setelah 20 tahun saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengatakan dengan lantang," kata Lin Dan dikutip dari Xinhua. 

5 Tips Frugal Living di Ibu Kota untuk Anak Rantau Kelola Keuangan Lebih Baik

Fakta mengejutkan diungkapkan, Lin Dan realistis bahwa ia tak bisa memungkiri faktor fisik dan cedera membuatnya mengambil keputusan tersebut. 

"Di usia 37 tahun dan kondisi fisik serta cedera membuat saya tidak lagi memungkinkan untuk bersaing. Ada rasa terimakasih, keengganan dan frustrasi. Saya berharap dapat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga saya dan juga mencari 'kompetisi' baru," ucapnya.

Tanpa Potongan Taspen, THR Pensiunan ASN Mulai Cair 22 Maret 2022

Presiden Asosisasi Bulutangkis China, Zhang Jun mengucapkan terimakasih kepada Lin Dan. 

"Selama bertahun-tahun, Lin Dan saat latihan, kompetisi dan prestasi ia telah membuktikan bahwa ia adalah atlet yang hebat. Saya berharap kehidupan Lin Dan setelah pensiun akan berjalan dengan baik, dan saya berharap ia tetap dekat dengan dunia bulutangkis," kata Zhang Jun.  

Sekadar informasi, di sektor tunggal putra bulutangkis, Lin Dan menjadi salah satu 'Top Four Kings'. Tiga lainnya adalah, Taufik Hidayat (Indonesia), Peter Gede (Denmark), Lee Chong Wei (Malaysia).

Baca juga: Tengku Zul: Negeri Ini Tidak Jelas Arahnya, Dikritik Ngamuk

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya