Seberapa Ganas Wilder, Berani Pecundangi Mike Tyson dan Lennox Lewis?

Deontay Wilder
Sumber :
  • Instagram/bronzebomber

VIVA – Petinju kelas berat asal Inggris, Deontay Wilder saat ini sedang dalam sorotan. Wilder mengucapkan kata-kata kontroversial yang bernada meremehkan dua petinju legendaris, Mike Tyson dan Lennox Lewis. 

Siap-siap! Mike Tyson Kembali Naik Ring, Siapa Lawannya?

Hal ini bermula pada 2018 lalu dan menjalar hingga saat ini. Dua tahun silam, Wilder sesumbar bisa mengalahkan Mike Tyson. Wilder yang saat itu masih memegang sabuk juara kelas berat WBC menyatakan, Mike Tyson di masa jayanya sekalipun tidak akan mampu menang atas dirinya.

Pernyataan itu sampai ke telinga Lennox Lewis. Legenda tinju asal Inggris itu memang mengakui bahwa Wilder adalah salah satu petinju terbaik yang pernah ia lihat. Wilder, bagi Lewis juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Jarang Terdengar, Berikut Arti Nama Islam Mike Tyson

Namun, Lewis melihat apa yang dimliki Wilder belum mampu mengalahkan Tyson. Bahkan, Lewis menilai Wilder juga tidak akan sanggup melawan Tyson saat ini meski sang Leher Beton sudah berusia 54 tahun.

Mike Tyson Punya Nama Islam, tapi Kok Enggak Sepopuler Muhammad Ali?

“Saya baru saja mendengar Wilder mengatakan dia akan menghancurkan Mike Tyson. Saya suka Wilder, tetapi dia tidak akan bisa menghadapi seseorang yang ingin mematahkan tulang rusuknya dengan setiap pukulan. Saya tidak yakin dia bisa kalahkan Tyson,"kata Lewis, dikutip Sportbible.

“Saya suka Wilder. Kepercayaan dirinya. Anda memang membutuhkan rasa percaya diri untuk berada di divisi teratas kelas berat. Dia lapar dan muncul dalam bentuk terbaik di divisi, tapi ada level di sana dan dia masih harus menambah semuanya,”sambungnya.

Mendengar respon Lewis, Wilder bukanya berhenti dan intropeksi diri. Petinju 34 tahun itu malah semakin menjadi-jadi. Wilder membalas ucapan Lewis dengan nada tinggi dan semakin sombong.

Peter McNeeley saat dikalahkan Mike Tyson

Bahkan, dalam serangan baliknya pada Lewis, dia kembali meremehkan Tyson. Wilder menyebut dia memiliki kesempurnaan yang tidak dimiliki petinju lain. Dia menyatakan memiliki postur yang sempurna, dan kecepatan tangan yang luar biasa.

Berbeda dengan Tyson yang punya pukulan cepat namun tak dibarengi dengan postur yang tinggi. Dengan begitu, dia yakin bisa saja menghabisi Tyson dulu dan saat ini

"Saya tinggi dan tubuh saya atletis. Saya memiliki pukulan yang keras dan cepat. Saya memiliki semuanya yang menguntungkan saya bertarung. Itu memiliki peran yang besar sebagai petinju," kata Wilder.

Semakin brutal dan percaya diri, Wilder bahkan menegaskan Tyson dan Lewis pun tak akan mampu melawannya. 

"Bukan tidak menghormati Mike Tyson. Di zamannya dia memang yang terbaik, tapi sekarang adalah era baru. Tidak ada petarung lawas mampu mengalahkan petinju masa kini. Lihat saja teknologi yang kita rasakan saat ini," ucapnya.

"Tidak ada yang punya naluri pembunuh alami seperti aku, tidak ada yang bisa menjatuhkanku. Aku sangat percaya diri dengan apa yang aku katakan dan aku berbicara apa yang aku lakukan," tegasnya.

Nah, sebenarnya seganas apa sih Wilder, sampai-sampai dia berani mempecundangi dua legenda tinju sekaligus?

Melansir Boxrec, Wilder merupakan mantan juara kelas berat versi badan tinju dunia WBC. Ia kehilangan sabuknya pada 23 Februari 2020 setelah dikalahkan Tyson Fury di MGM Grand, Las Vegas, Amerika Serikat.

Duel Tyson Fury vs Deontay Wilder

Petinju berjuluk The Bronze Bomber itu kalah Technical Knockout (TKO) di ronde ketujuh. Wasit menghentikan duel setelah menganggap kondisi Wilder tak mampu lagi melanjutkan pertarungan.

Namun sebelum kekalahan itu, hingga November 2019, Wilder sempat 10 kali mempertahankan gelar juara WBC. Catatan itu membuatnya menyamai rekor petinju legendaris Muhammad Ali.

Wilder mempertahankan gelar setelah menang KO ronde 7 atas Luis Ortiz. Wilder menguasai gelar WBC sejak 17 Januari 2015 setelah dia mengalahkan juara bertahan saat itu, Bermane Stiverne lewat kemenangan angka 12 ronde

Selain itu, Wilder mengalahkan rekor Tyson yang cuma mampu sembilan kali mempertahankan gelar. Hebatnya lagi, cuma ada lima  juara tinju dunia kelas berat yang berprestasi seperti Wilder.

Mereka adalah Joe Louis, Larry Holmes, Wladimir Klitschko, dan Muhammad Ali. Jelas, catatan ini membuat Wilder percaya diri mempecundangi Mike Tyson dan Lennox Lewis. 

Baca Juga:

Lin Dan Penghancur Pebulutangkis RI yang Terkubur di Indonesia
Nekat, Wilder Sumpal Mulut Lennox Lewis Sambil Remehkan Mike Tyson
Ronaldo Mengerikan, Juventus Hancurkan Torino di Derby della Mole

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya