Bikin Kagum, Atlet Perempuan Indonesia Jadi Duta Universitas di Jerman

Atlet cricket Indonesia, Nurul Sa'adah
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Atlet cricket perempuan Indonesia, Nurul Sa'adah terpilih sebagai ambassador Sport Management University Leipzig, Jerman untuk kawasan Asia. Keterpilihan itu bukannya tanpa alasan, karena dia pernah menjalani short course sports management di sana.

Daftar 9 Atlet Indonesia Lolos Olimpiade 2024 Paris

Nurul mengaku bisa menimba ilmu keolahragaan di Jerman karena dukungan dari Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI). Beasiswa yang dia dapatkan tidak ingin disia-siakan.

(Baca juga: Kejurnas Cricket Indonesia di Tengah Pandemi Virus Corona)

Magnus Iron Games Cetak Sejarah Dunia Powerlifting Indonesia

"Alhamdulillah, saya terpilih sebagai ITK Ambassador University Leipzig untuk kawasan Asia. Semua prestasi ini, saya dapatkan berkat dukungan pak Azis Syamsudin (Ketua PP PCI) yang memberikan dukungan penuh untuk bisa mendapatkan beasiswa dari University Leipzig Jerman," kata Nurul.

Nurul merupakan salah satu atlet cricket Indonesia yang selalu lapar dengan ilmu pengetahuan. Mahasiswi S-1 jurusan Pendidikan Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bahkan ingin selalu memanfaatkan kesempatan beasiswa yang ada.

Pecah Rekor, Inkanas Raih Emas World Karate Federation Youth League

Nurul melakukan itu karena ingin membantu pengembangan olahraga di Indonesia. Karena memang tujuannya ke depan adalah mengabdikan diri pada dunia olahraga.

"Saya akan terus meniti karier dalam bidang pedidikan ilmu keolahragaan selagi masih ada kesempatan. Ke depan, saya ingin mengabdikan diri untuk membangun dunia olahraga Indonesia," tuturnya.

Sekarang Nurul sedang mengajukan diri mendapatkan beasiswa di University Technology Sydney Sports and Exercise Science Psychology untuk 2021. Dia mengajak para atlet Indonesia untuk ikut juga.

"Ayo kita memburu beasiswa sehingga kita bisa bersama-sama membangun olahraga Indonesia. Kesempatan bagi atlet Indonesia untuk mendapatkan beasiswa cukup besar tetapi mereka hanya kurang informasi saja," ujar Nurul. 

"Terus terang, semua fasilitas tersedia dan kita hanya tinggal bawa badan saja untuk mengikuti pendidikan ketika mendapatkan beasiswa. Makanya, saya akan berusaha mensosialisasikannya agar atlet-atlet dari cabang olahraga lainnya bisa mendapatkannya," lanjutnya.

Melihat ada atletnya yang punya optimistis tinggi dalam melahap ilmu pengetahuan, Azis begitu senang. Dia menjamin akan terus memberi dukungan yang maksimal.

"PP PCI akan mendukung penuh. Dan, Nurul Sa'adah ini patut menjadi ikon bagi atlet-atlet lain. Jadi, olahraga Indonesia bisa lebih baik ke depannya dengan keberadaan atlet yang menimbah ilmu sport science lulusan universitas luar negeri," kata Azis.

Nurul yang juga sukses membawa tim cricket DKI Jakarta merebut 2 medali emas nomor Super 8’s dan T20 pada PON Jawa Barat 2016 juga mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Umum PP PCI, Abhiram S. Yadav.

“Semangat dan determinasi Nurul luar biasa, menjadi inspirasi bagi atlet-atlet cricket di seluruh Indonesia. Semoga ke depan hal ini menjadi inspirasi anak muda di Tanah Air agar bisa terus mengharumkan nama bangsa. Selamat untuk Nurul,” kata Abhiram. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya