Djokovic Didiskualifikasi dari US Open, Gara-gara Hantam Bola ke Wasit

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic
Sumber :
  • Getty Images

VIVA – Unggulan teratas turnamen Grand Slam US Open, Novak Djokovic terkena diskualifikasi. Hal ini terjadi setelah Djokovic secara tidak sengaja memukul bola ke arah hakim garis. 

Simpati Andy Murray Buat Naomi Osaka yang Dicemooh Penonton

Djokovic didiskualifikasi saat bermain di babak keempat US Open melawan petenis asal Spanyol, Pablo Carreno Busta. Petenis nomor satu dunia ini menunjukkan kekesalannya setelah ia kehilangan servis dan tertinggal 5-6. 

Dikutip dari BBC, Djokovic kemudian mengambil bola dari sakunya dan memukulnya ke belakang. Sayangnya, bola tersebut malah mengenai hakim garis wanita tepat di tenggorokannya. 

Kemenangan ke-400 Rafael Nadal

Sempat terjadi diskusi panjang antara Djokovic dengan wasit. Hakim garis perempuan tersebut pun kemudian mendapatkan pertolongan. 

Absen di Australia Open, Novak Djokovic Bisa Pertahankan French Open

"Sesuai dengan peraturan Grand Slam, dan aksinya yang membahayakan karena sengaja memukul bola secara sembrono di lapangan atau memukul bola dengan mengabaikan konsekuensinya, maka wasit di US Open mendiskualifiaksi Djokovic dari US Open 2020," tulis pernyataan resmi dari US Open. 

"Karena ia didiskualifikasi, maka Djokovic kehilangan semua poin peringkat yang didapat di US Open dan akan didenda yang diambilkan dari hadiah uang dalam turnamen tersebut," tambahnya. 

Baca juga: Jadi Salah Satu Pesepakbola Sukses, Intip Sumber Kekayaan Lionel Messi

Djokovic merupakan salah satu favorit juara di US Open 2020 ini. Ia juga membidik gelar ke-18 Grand Slam untuk mendekati pesaing utamanya Rafael Nadal dan Roger Federer. 

Keduanya tidak bermain di US Open 2020 karena pandemi virus corona COVID-19. Gelaran US Open ini juga berlangsung tanpa penonton. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya