Sambut Haornas 2020, Menpora Bertekad Maksimalkan Peran Sport Science

Menpora Zainudin Amali (tengah)
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menyambut Hari Olahraga Nasional 2020, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali, bertekad untuk memaksimalkan peran sport science guna meningkatkan prestasi olahraga Tanah Air. Tak hanya itu, Zainudin juga ingin meningkatkan potensi ekonomi lewat sport tourism dan sport industry.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Hal itu disampaikan oleh Zainudin dalam acara bertajuk "Peningkatkan Kebugaran dan Prestasi Olahraga dengan Dukungan Sport Science, serta Pemberdayaan Ekonomi melalui Pengembangan Sport Tourism dan Sport Industry”. Politikus Partai Golkar itu ditemani oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dalam acara tersebut, Zainudin mengungkapkan alasan mengambil tema sport science, sport tourism dan sport industry sebagai tema Haornas tahun ini. Sebab, ketiganya memiliki peran penting dalam kemajuan Indonesia di mata dunia.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

"Saya melihat salah satu penyebab prestasi olahraga kita belum optimal karena masih minimnya dukungan sport science pada proses pembinaan atlet-atlet muda dan elite," tutur Zainudin.

"Oleh karenanya ke depan kami akan mendorong cabor-cabor untuk mengoptimalisasi sport science dalam pembinaan cabang olahraga," lanjutnya.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Zainudin menjelaskan jika langkah tersebut sudah dimulai bersama dengan PSSI. Salah satunya dalam persiapan Timnas Indonesia U-19 yang sedang menyongsong Piala Dunia U-20 2021.

"Hal ini sudah kami lakukan bersama-sama dengan PSSI bahwa untuk persiapan Timnas U-19 kita dukung dengan sport science yang biasa diterapkan oleh negara-negara langganan Piala Dunia," kata Zainudin.

Sementara, untuk pengembangan sport tourism dan sport industry, diakui Zainudin, saat ini masih butuh dukungan banyak pihak. Maka itu, melalui momentum Haornas diharapkan sport tourism dan sport industry
dapat kembali terangsang perkembangannya.

Oleh karena itu, Kemenpora menjalin kerjasama dengan Kementerian terkait. Menpora Zainudin Amali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo di Wisma Kemenpora, Jakarta.

“MoU ini merupakan kerja sama antara tiga kementerian ini dalam rangka mendorong supaya pariwisata yang terkait kegiatan keolahragaan semakin terintegrasi dan semakin baik. Tentu kita harus bisa berkolaborasi bersama. Tak bisa kita dorong sendiri-sendiri,” ucap Zainudin.

Sebagai informasi, Haornas diperingati setiap 9 September. Tahun ini, perayaan puncak Haornas digelar di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, Rabu 9 September 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya