KONI: Prestasi Catur Indonesia di SEA Games Patut Diteladani

Tono Suratman
Sumber :
  • Satlak Prima
VIVAnews
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Walaupun Indonesia secara umum tidak berhasil menduduki posisi terbaik di Sea Games 2013, sejumlah cabang olahraga berhasil meraih prestasi tinggi. Salah satunya catur yang sukses meraih empat emas.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Ketua Umum KONI Pusat Toni Suratman, mengungkapkan catur Indonesia di bawah pimpinan PB Percasi merupakan cabang  paling gemilang di ajang olahraga se-Asia Tenggara yang berlangsung di Myanmar kemarin.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


“Ketika cabang lain banyak yang tidak mencapai targetnya, KONI sangat bangga catur Indonesia memperoleh 5 emas, 4 perak dan 7 perunggu,” kata Tono Suratman saat pelantikan Pengurus Baru PB Percasi periode 2013 – 2017, Rabu 8 Januari 2014.


Hasil ini sangat jauh melampaui target yang dibebankan. Seluruh anggota tim yang dikirim memperoleh medali! “Prestasi ini adalah hasil kerja keras, strategi pembinaan yang tepat dan kepemimpinan yang kuat dari PB Percasi yang patut diteladani."

 

PB Percasi mengirim 13 pemain, dan semua pemain pulang dengan membawa medali, kata Hashim Djojohadikusumo yang kembali dipilih menjadi Ketua Umum PB Percasi periode 2013 – 2017.


Menurut dia, pembinaan pecatur nasional secara berjenjang dan sejak dini melalui kelompok umur telah menjadi fokus perhatian PB Percasi selama ini. “Sejak awal saya yakin dengan pembinaan menyeluruh dan konsisten akan mengantarkan tim catur Indonesia pada puncak prestasi dunia."

 

Pembinaan olahraga membutuhkan dana sangat besar yang belum dapat dipenuhi pemerintah saja. Tetapi dana yang besar tanpa kerjasama semua pihak dan keinginan yang besar menghasilkan yang terbaik bagi Indonesia, tidak akan menghasilkan apa-apa.


Pada ajang Sea Games 2013 tersebut, ada 18 nomor pertandingan, akan tetapi hanya 7 nomor yang merupakan catur internasional/semi internasional. Sedangkan 11 nomor lainnya adalah nomor tradisional. Indonesia merebut 5 dari 7 nomor internasional/semi internasional tersebut.


“Dengan prestasi ini dapat dikatakan Indonesia adalah juara umum di partai catur internasional Sea Games 2013,” tegas Hashim.

 

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem mengaku sangat berbesar hati dengan prestasi para atlet catur Indonesia di SEA Games 2013. "Artinya, pembinaan kita sudah pada arah yang tepat dan benar menuju prestasi internasional.”

 

“Ke depan PB Percasi akan meningkatkan program pembinaan menjadi lebih baik, apabila diperlukan pelatih asing akan ditambah bahkan berusaha semakin memantapkan posisi Indonesia dalam dunia catur Internasional, sehingga apabila mungkin bisa menjadi tuan rumah Olimpiade Catur 2020.”

 

KONI Pusat mencatat bahwa PB Percasi termasuk PB yang sangat aktif melakukan pembinaan atlet muda, mengirimkan atlet yuniornya keberbagai pertandingan di luar negeri dan secara berkala melakukan kejuaraan catur nasional dan internasional.


“Semangat dan komitmen seperti ini tentu saja akan membuahkan hasil yang baik bagi atlet dan bagi prestasi bangsa,” kata Tono. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya