SBY Bangga Lihat Penampilan Atlet Paragames Indonesia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima atlet Paragames 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAnews
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan selamat dan apresiasi kepada puluhan atlet Indonesia yang tampil di ASEAN Paragames 2014. Sebab, mereka berhasil membuat Indonesia menjadi juara umum ajang
multievent
Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia
terbesar Asia Tenggara tersebut.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan torehan 99 keping emas, 69 perak, dan 49 perunggu. Unggul atas Thailand (96,82,70), Malaysia, dan Vietnam.


"Atas nama negara dan pemerintah, dan selaku pribadi saya mengucapkan selamat, terimakasih atas penghargaannya atas prestasi yang luar biasa," kata SBY di depan atlet Paragames di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 28 Januari 2014.


Menurut dia, atas kemenangan ini membawa kebanggaan buat seluruh rakyat Indonesia. Tentu membanggakan karena saat jadi tuan rumah di Paragames 2011, Indonesia tercecer di peringkat empat.


"Dulu kurang beruntung, kemarin kita dalam posisi ke-4 karena banyak cabang olahraga yang tidak dikuasai atlet Indonesia. Tetapi Tuhan maha adil, tahun ini ada pertambahan mendali emas, Ibu Ani juga sering mencatat dan saya hanya bisa bersyukur dan terimakasih pada para pahlawan yang mengharumkan bangsa Indonesia," lanjutnya.


SBY mengatakan, ada rasa kebanggaan, ketika lagu "Indonesia Raya" berkumandang berkali-kali di negeri tetangga.


"Lagu Indonesia bisa berkumandang di luar negeri hanya dalam dua even, ketika presiden berkunjung ke Luar Negeri dan ketika putra-putri Indonesia meraih mendali emas. Lagu "Indonesia Raya" berkumandang 99 kali, saya kira itu memecahkan rekor," ujar SBY.


Presiden mengatakan, tidak maksimalnya peraihan mendali emas karena adanya cabang olah raga yang tidak diikuti oleh para atlit Indonesia. Sebab, ada keterbatasan alat yang dimiliki.


Untuk itu, SBY menginstruksikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga untuk segera mengadakan alat-alat yang dibutuhkan. "Saya instruksikan untuk pengadaan semua peralatan, dengan demikian kita bisa mengikuti cabang lainnya," kata dia.


Presiden juga menginstruksikan kepada seluruh atlet untuk mempertahankan prestasi serta menjaga kesehatan. "Tetap berlatih, memelihara kesehatannya dan kita akan bertanding lagi paraolimpic di Incheon, Korea. Mudah-mudahan bisa menyanyikan lagu "Indonesia Raya sebanyak-banyaknya," ujar dia.


SBY juga mengatakan terimakasihnya kepada keluarga para atlet. "Saya menitip terimakasih pula atas keluarga di rumah atas pemberian semangat, kasih sayang kepada saudara semua sehingga bisa menang," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya