Bertarung untuk Persiapan PON

Atlet beladiri, Yudi Cahyadi saat memenangi duel.
Sumber :
  • viva.co.id / Mega Dwi Anggraeni

VIVA.co.id - Sudah belasan pertandingan tingkat nasional dan empat pertandingan tingkat internasional diikuti Yudi Cahyadi (23). Dalam waktu dekat, dia akan berangkat ke Singapura. Membawa nama Indonesia dan Bandung Fighting Club (BFC) untuk bertarung dengan salah satu atlet Kickboxing kelas kakap. Semuanya demi PON XIX/2016.

“Ini bagian dari persiapan PON,” ujar lulusan SMKN 1 Sumedang ini kepada VIVA.co.id, saat ditemui di Batununggal Indah Club. Tempatnya menghabiskan pagi dan sore untuk mengolah tubuh dan memperkuat fisik.

Sebelum menekuni Kickboxing, sebenarnya Yudi lebih dulu mempelajari olah gerak Wu Shu. Namun, sejak 2011 lalu, Yudi pun mulai mempelajari Kickboxing. Dia mengaku, gerakan dua cabang olahraga yang berbeda tersebut tidak berbeda jauh. Sehingga, dirinya mampu mempelajarinya dengan mudah. Apalagi, Yudi memang menyukai berbagai macam teknik bela diri.

Namun, pada PON XIX/2016 yang digelar di Bandung pada September mendatang, Yudi tercatat sebagai salah satu atlet Wu Shu. Seuisai bertarung di Singapura pada 27 Februari nanti, dia pun akan segera terbang ke Cina untuk mempersiapkan diri menghadapi PON. “Setelah PON saya akan melanjutkan kuliah,” akunya.

VIVA RePlay 2022: Sensasi Jeka Saragih Menuju Pentas UFC dan Dominasi Billy Pasulatan

Untuk fokus dalam mempersiapkan PON XIX/2016, mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) 11 April ini rela untuk rehat selama beberapa waktu. Meski begitu, dirinya ingin tetap menyelesaikan pendidikannya di program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di kampusnya.

Tapi sebelum menghadapi PON XIX/2016, Yudi harus mempersiapkan diri dan fisiknya untuk betarung di Singapura. Menurutnya, lawannya kali ini sangat tangguh, lantaran berhasil membuat kelima lawannya TKO dalam lima kejuaraan.

Yudi sendiri merupakan atlet bela diri tangguh. Dalam empat pertarungan tingkat internasional, dia berhasil meraih dua medali emas, yakni ketika melawan atlet Thailand pada 2014 dan atlet dari Johor, Malaysia pada 2015 lalu.

Bukan hanya itu, dari 10 pertandingan tingkat nasional sepanjang kariernya sebagai atlet bela diri, Yudi juga berhasil meraih lebih dari lima medali emas. Salah satunya adalah kemenangan yang dia raih usai menjatuhkan atlet Kickboxing asal Jawa Tengah pada Desember 2015 lalu.

Ratusan Warga Solo Memadati GOR Sritex Arena untuk Nonton One Pride MMA

Antusiasme Warga Solo Saksikan Langsung One Pride MMA, Putra Daerah Menang

GOR Sritex Arena, Solo menjadi lokasi perhelatan One Pride MMA Fight Night 66, Sabtu malam WIB 11 Februari 2023. Antusias publik menyaksikan pertarungan amat terasa.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2023