40 Negara Ikuti Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Bali

Ilustrasi pencak silat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wira Suryantala/foc/16.

VIVA.co.id – Sebanyak 40 negara dipastikan akan berpartisipasi dalam acara Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 di Denpasar, Bali, yang akan dihelat pada 2 sampai 9 Desember 2016.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

Ketua Panitia Penyelenggara, Edhy Prabowo mengatakan partisipasi negara yang ikut dalam kejuaraan kali ini lebih banyak dibanding kejuaraan sebelumnya yang digelar di Phuket, Thailand, yang hanya diikuti 32 negara.

"Antusias kali ini sangat tinggi. Mulai dari Benua Eropa hingga kawasan Timur Tengah telah mengirimkan kontingen. Ini sebuah kehormatan untuk Bangsa kita," kata Edhy dalam siaran persnya yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 2 Desember 2016.

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

Anggota DPR dari Fraksi Gerindra itu menilai kejuaraan kali ini bisa menjadi momentum kebangkitan pencak silat selaku olahraga murni milik Indonesia yang kian diterima dunia. Edhy optimistis, kelak pencak silat dapat menjadi cabang olahraga di event Olimpiade.

"Pencak silat nanti menjadi cabang di Asian Games. Semoga kedepan menjadi cabang di Olimpiade, dan saya optimistis untuk itu," ujar Ketua Komisi IV DPR RI ini.

Pelaku Penganiayaan Tewaskan Santri di Lampung Selatan Ditetapkan Tersangka

Edhy meyakinkan turnamen kali ini akan berlangsung sangat fair. Sebab, papan poin skor akan ditampilkan secara terbuka dan dapat disaksikan langsung oleh penonton.

"Saya pastikan turnamen akan berlangsung sangat fair. Selain kita menggunakan metode terbaru, sifat curang bukanlah cerminan dari pesilat dan pendekar," kata Edhy.

Tim pencak silat seni beregu Indonesia di SEA Games 2021

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pencak silat, seni bela diri warisan budaya Indonesia, telah mendunia. Keindahan gerakannya yang menawan dan filosofi yang terkandung di dalamnya menarik perhatian orang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024