PB ISSI Serius Kembangkan Cabang Balap Sepeda Baru

Konferensi pers commissiare trial bike
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yudhi Maulana

VIVA.co.id – Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) serius mengembangkan cabang balap sepeda baru yakni trial bike/trials. Cabang ini adalah olahraga sepeda layaknya BMX, namun yang berbeda adalah trials mengutamakan penaklukan rintangan tanpa menginjakkan kaki ke tanah.

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

Bukti keseriusan ISSI mengembangkan trials terlihat dengan diadakannya penataran commissiare atau wasit yang dihelat di aula Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Senin, 13 Maret 2017. Penataran ini diikuti oleh 13 peserta dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dalam acara ini juga hadir Komisi Perwasitan Union Cycliste Internationale (UCI), Peter Fisch.

"Saya sangat gembira karena Indonesian Cycling Federation (ICF) mengambil satu langkah maju dengan mendukung pengembangan disiplin trials. Dan, pelatihan commissaire adalah langkah penting pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin mengembangkan disiplin ini karena tanpa juri dan wasit yang berkualitas, Anda tidak akan pernah membuat kompetisi yang bagus," kata Peter, kepada VIVA.co.id.

Terpopuler: Timnas Jepang Hajar Thailand 5-0, Juara Dunia Tewaskan Istri Sendiri

Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, mengatakan, jika masuknya trials ke dalam ISSI membuat federasi balap sepeda nasional semakin lengkap.

"Para commissaire ini menjadi modal awal bagi kami untuk mengembangkan disiplin trials. Jika sudah memiliki juri/wasit yang bersertifikat, kami bisa mengadakan event nasional, seperti national championships yang memang diwajibkan oleh UCI," kata Oktohari.

Tabrak Istri Sendiri Hingga Tewas, Juara Dunia Balap Sepeda Didakwa Bersalah

Setelah menggelar penataran, Oktohari mengatakan jika dalam waktu dekat mereka akan mengundang master trials asal Belgia, Danny MacAskill, untuk mengadakan eksibisi dalam gelaran Tour d'Indonesia. (one)

Raja Sapta Oktohari

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Atlet balap sepeda Indonesia berpeluang lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Adalah Bernard van Aert yang memiliki peluang tersebut setelah tampil apik di Hong Kong.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024