Menpora Ingin Ada Efek Positif dari Gowes Nusantara

Menpora Imam Nahrawi melepas peserta Gowes Nusantara di Sabang, Aceh
Sumber :
  • Dok. Kemenpora

VIVA.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi resmi melepas peserta touring Gowes Nusantara 2017 di Sabang Fair, Kuta Barat, Sukakarya, Aceh. Dia ditemani langsung oleh Istrinya, Shohibah Rohmah dan Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Pelepasan ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Menpora. Dan pada kesempatan tersebut, dilakukan proses penyerahan air dan tanah dari Kadisikpora Kota Sabang, Misman kepada Imam. Kemudian pemberian itu dimandatkan kepada peserta Gowes Nusantara untuk dibawa ke Magelang.

"Kita berharap nanti untuk terus mengalih potensi wisata, potensi olahraga dan tentu akan merekatkan rasa solidaritas sebagai bangsa lewat Gowes Pesona Nusantara," kata Imam.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Karena peserta Gowes akan estafet melalui Banda Aceh, Sumatera Utara sampai  ke Magelang. Mereka akan menghubungkan kita sebagai bangsa untuk lebih kuat lagi dan lebih solid lagi sebagai anak bangsa," tuturnya.

Pria asal Bangkalan, Madura itu juga berharap, dari ajang Gowes Nusantara kali ini bisa didapatkan makna solidaritas. Dengan peserta yang memiliki latar belakang berbeda, persatuan juga tetap menjadi hal utama.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

"Selebihnya kita ingin, bagaimana rasa solidaritas  kita sebagai sesama anak bangsa kuat dan tentu kita akan menghormati kebhinekaan lewat olahraga," harap Imam.

Gowes Nusantara juga bertujuan untuk melakukan promosi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Dan bagi Imam, meski hanya dua provinsi yang menjadi tuan rumah, namun rasa memiliki harus juga dirasakan oleh daerah lain.

"Ajang  ini akan berlangsung di 90 kabupaten/kota. Pesertanya dari berbagai penjuru Indonesia, termasuk para atlet dan juga masyarakat umum. Jarak dari Sabang ke Magelang mencapai 5.000 kilometer, sekaligus memecahkan rekor MURI," ujar Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya