Bendera Indonesia Terbalik, Malaysia Didesak Klarifikasi

Bendera Merah Putih Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Insiden tak menyenangkan terjadi pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Dalam buku panduan yang disediakan tuan rumah, bendera Merah Putih kebanggan Indonesia dicetak terbalik.

Mantan Menpora Imam Nahrawi Dituntut 10 Tahun Penjara

Hal itu memicu reaksi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Dia yang hadir langsung dalam acara seremoni pembukaan mendesak adanya klarifikasi dari pihak Malaysia.

"Kami menunggu klarifikasi resmi Perdana Menteri atau pemerintah Malaysia," kata Imam kepada wartawan, Sabtu, 19 Agustus 2017 malam WIB.

Meme Lucu Taufik Hidayat Bongkar Korupsi Imam Nahrawi

(Baca juga: Bendera Terbalik, Indonesia Protes Panitia SEA Games 2017)

Imam enggan menuding pihak Malaysia sengaja membuat kesalahan fatal. Tetapi, dia menegaskan, seharusnya panitia bisa lebih teliti, karena kesalahan ini menyangkut lambang negara.

SEA Games 2019, Perenang Andalan Indonesia Hanya Dapat Perunggu

"Saya tidak menuduh atau menduga ini kesengajaan, pasti ini keteledoran. Tapi mestinya apapun yang disuguhkan harus betul-betul diteliti apalagi menyangkut lambang negara lain," tutur Imam.

"Ini acara resmi yang dihadiri semua negara, dihadiri oleh menteri dan perwakilan federasi olahraga. Kami sangat menyesal sekali," imbuhnya.

Kesalahan yang ada dalam buku panduan juga tidak sekadar bendera Merah Putih yang terbalik. Di daftar juara umum SEA Games, pada 2011 yang dimenangi Indonesia justru terpasang bendera Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya