Soal Dana Asian Games 2018, Ini Penjelasan Pemerintah

Sesmenpora, Gatot Dewa Broto
Sumber :

VIVA – Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto mengakui, jika anggaran untuk pemusatan latihan Asian Games 2018 terbatas. Pemerintah hanya memiliki anggaran Rp735 miliar untuk pemusatan latihan. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Dari Rp735 miliar tersebut harus dipotong untuk Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Rp135 miliar. Jadi anggarannya masih Rp600 miliar," kata Gatot di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, 2 Januari 2017. 

Menurut Gatot, uang Rp600 miliar tersebut akan dibagikan ke 40 cabang olahraga yang akan mengikuti Asian Games 2018. Gatot menambahkan, jadi ada kemungkinan rata-rata pemangkasan anggaran bisa mencapai 50 persen. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Gatot menuturkan, jika 40 cabang olahraga yang mengajukan anggaran tersebut disetujui semua, maka kebutuhan dana akan mencapai Rp1,2 triliun. Gatot menjelaskan, Sedangkan anggaran yang tersedia tidak mencapai sebanyak itu.

"Memang ada anggaran yang disetujui lebih dari 50 persen, namun cabang olahraga itu hanya mengajukan Rp3 miliar. Anggaran tertinggi yang disetujui adalah Rp12 miliar, dari pengajuan sekitar Rp30 miliar," jelas Gatot.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Sementara itu, Gatot menuturkan anggaran untuk olahraga bisa juga berasal dari luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal itu sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 95/2017 tentang Peningkatan Prestasi Atlet, "Bahkan jika kami diminta untuk menjadi penjembatan kami pun siap," kata Gatot. 

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024