Segera Digelar, Proliga 2018 Terapkan Regulasi Baru

Konfrensi pers jelang Proliga 2018
Sumber :
  • Pratama Yudha Permana/ VIVA

VIVA – Kompetisi bola voli terakbar di Indonesia, Proliga, kembali digelar mulai tengah bulan ini, tepatnya 19 Januari hingga 15 April 2018. Rencananya akan dilangsungkan di delapan kota.

Satu Laga Pekan Ketujuh Proliga 2022 Ditunda Karena COVID-19

Delapan kota tersebut adalah Yogyakarta, Batam, Gresik, Denpasar, Palembang, Bandung, Malang, Solo. Pembukaan dan penutupan akan dihelat di Yogyakarta, namun di tempat yang berbeda.

Terdapat peraturan baru pada Proliga musim ini. Mulai 2018, setiap tim diizinkan memakai 14 pemain, namun harus ada dua libero di dalamnya. Jika kurang dari jumlah tersebut, hanya diizinkan memakai satu libero.

2 Laga Proliga Hari Ini Ditunda Akibat COVID-19

"Proliga merupakan salah satu kompetisi terlama di Indonesia yang tak pernah jeda. Selama 17 tahun Proliga selalu ada dan kami berharap kompetisi ini bisa membantu Indonesia meraih prestasi di Asian Games 2018," ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, saat launching Proliga 2018 di kawasan Pancoran, Rabu 10 Januari 2018.

"Perubahan regulasi menjadi 14 pemain juga sebagai penyesuaian untuk Asian Games. Jadi, kita ingin membiasakan memakai dua libero," ujarnya menjelaskan.

Klasemen Sementara Proliga 2022 Jelang Pekan Terakhir Putaran I

Selain perubahan regulasi, jumlah tim yang ikut serta juga berubah. Kini, hanya 12 tim yang terdiri dari 5 tim putra dan 7 tim putri yang akan bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Hal itu terjadi, lantaran tim putra Jakarta Elektrik PLN memutuskan untuk mengundurkan diri. Dan itu berimbas pada berkurangnya jumlah tim putra. Untungnya, perubahan hanya terjadi di dua aspek tersebut. Sementara uang hadiah masih berkisar Rp1 miliar.

"Tim putra memang hanya tinggal lima. Tapi, dengan perpindahan para pemain, maka kekuatan setiap tim Proliga menjadi lebih merata," kata Hanny.

Berikut tim-tim peserta Proliga 2018:

Putra
-Jakarta Pertamina Energi
-Palembang Bank SumselBabel
-Surabaya Bhayangkara Samator
-Jakarta BNI Taplus
-Bekasi BVN

Putri
-Jakarta Elektrik PLN
-Jakarta Pertamina Energi
-Gresik Petrokimia
-Jakarta PGN Popsivo Polwan
-Bandung Bank BJB Pakuan
-Jakarta BNI Taplus
-Bekasi BVN

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya