Dibandingkan dengan Muhammad Ali, Jawaban Khabib Bikin Merinding

Foto kenangan Muhammad Ali (tengah) berbicara kepada komunitas muslim di London beberapa tahun silam.
Sumber :
  • Action Images / MSI/File Photo

VIVA – Selain dikenal sebagai jawara di ajang MMA (Mixed Martial Arts), Khabib Nurmagomedov juga diketahui merupakan muslim yang taat. Dia menjadi citra baik bagi agama Islam yang dianutnya.

Khabib Nurmagomedov Bakal Masuk Hall of Fame UFC

Khabib pun kerap dibanding-bandingkan oleh publik dengan mendiang Muhammad Ali yang diketahui merupakan seorang muslim yang juga jawara di dunia tinju. Tapi Khabib menolak perbandingan itu. Apa sebab?

"Saya pikir, membandingkan Ali dengan saya merupakan sebuah kesalahan," kata Khabib dalam sebuah wawancara yang dia unggah di akun Instagram miliknya, Selasa 15 September 2020. 

Titisan Khabib Nurmagomedov 'Ngamuk' ke UFC Usai Hajar Bobby Green

"Kecuali jika kita bicara fakta bahwa kami sama-sama seorang juara dan muslim. Tapi apa yang telah dia lakukan di luar ring, itu tidak bisa dibandingkan dengan saya," lanjutnya.

Baca: Tempat Keramat Messi Ternyata Dipenuhi Foto Muhammad Ali

Khabib Nurmagomedov Doakan Bintang Timnas Ukraina Zinchenko

Khabib pun mengungkapkan alasannya kenapa dirinya tidak mau dibandingkan legenda tinju dunia itu. Khabib merasa tidak pantas dibandingkan dengan Muhammad Ali yang memiliki nilai lebih di luar dunia ring.

"Waktu dia menjadi juara, dia saat itu berasal dari ras yang berbeda (berkulit hitam). Saat itu di Amerika Serikat, warga kulit hitam diperlakukan dengan buruk," jelasnya.

"Berdasarkan cerita darinya. Dia bahkan tidak dilayani di restoran. Dia pun melempar medali emas miliknya. Tapi dia bisa mengubah sikap publik terhadap rasnya. Jadi kami berdua tidak bisa dibandingkan."

Petarung UFC, Khabib Nurmagomedov

Khabib pun menambahkan, jika dirinya terpaksa harus dibandingkan dengan Muhammad Ali, maka dia harus terlebih dulu mengalami apa yang dialami Ali. Menjadi juara saat warga kulit hitam tidak diakui.

Baca: Muhammad Ali Pernah Cibir Film Rocky

"Agar saya bisa disamakan dengannya, saya harus hidup mundur beberapa tahun ke belakang, dengan menjadi pria kulit hitam tapi sekaligus menjadi juara (seperti Ali)," jelas Khabib.

"Lalu kita lihat bagaimana sikap saya menghadapi situasi seperti yang dialami Ali. Baru setelah itu kami bisa dibandingkan. Saya senang orang-orang membandingkan kami. Tapi saya pikir itu kurang pas."

lihat videonya di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya