Dahsyat, 13 Gadis Jepang Kuasai Bulutangkis Dunia

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Jepang sungguh telah menjelma menjadi penguasa bulutangkis dunia. Bagaimana tidak, mereka kini sudah menguasai dua sektor ranking dunia, ganda dan tunggal putri.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Sektor pertama yang mereka kuasai ialah ganda putri, saat ini Jepang telah menempatkan 5 pasangannya di ranking 10 besar dunia. Bahkan, 3 di antaranya bercokol di ranking 1, 2 dan 3.

Dari daftar ranking dunia terbaru BWF, Kamis 14 Februari 2019, selain menguasai ranking 3 besar dunia, ada dua pemain Jepang lagi yang mengisi ranking 7 dan 9.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Di ranking 1 ada Yuki Fukushima/Sayaka Hirota; di ranking 2 ditempati Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi; dan di ranking 3 bercokol Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara.

Sedangkan di ranking 7 ditempati Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto dan ranking 9 ada Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara

Sektor kedua yang mereka kuasai ialah tunggal putri, Jepang telah menguasai 3 posisi di ranking 10 besar. Yakni ranking 3, 5 dan 10.

Di peringkat 3 dikuasai si poni Nozomi Okuhara; ranking 5 diduduki Akane Yamaguchi; dan terakhir di ranking 10 dunia baru saja direbut Sayaka Takahashi.

Kehebatan Jepang menguasai ranking 10 besar dunia di dua sektor putri ini patut diacungi jempol.

Sebab, China saja saat ini hanya mampu menempatkan 1 wakilnya di ganda putri  melalui Chen Qingchen/Jia Yifan dan 2 wakil di tunggal putri,Chen Yuvei di ranking 4 dan He Bingjiao di ranking 7.

Sementara Indonesia, mengalami nasib yang lebih buruk dari China. Dari dua sektor itu, Indonesia cuma 1 wakil saja, yaitu di ganda putri melalui Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang bercokol di ranking 4 dunia.

Sementara di tunggal putri, tak ada seorang pun wakil Indonesia yang mampu menembus ranking 10 besar dunia.

Baca: Terkapar di Senayan, Ratu Bulutangkis Dunia Masih Cedera Parah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya