Terungkap, Tunggal Putri RI Tersukses di Piala Fed Bukan Yayuk Basuki

Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki
Sumber :
  • wtafinals.com

VIVA – Hasil gemilang tim tenis putri Indonesia yang berhasil bertahan Grup I zona Asia/Oceania Piala Fed 2019 masih jadi pembicaraan publik olahraga nasional. Torehan itu pun seakan jadi momentum tepat bagi petenis putri Merah Putih bisa kembali berjaya.

Atlet Tenis Dunia Diharapkan Lahir di Piala Yayuk Basuki

Bicara soal petenis putri nasional tentunya tak lepas dari sosok Yayuk Basuki. Ratu tenis Indonesia kelas dunia tersebut kerap jadi andalan tim Merah Putih di sejumlah ajang bergengsi.

Koleksi 4 medali emas Asian Games dan lolos ke perempat final Wimbledon 1997 jadi bukti paten wanita asal Yogyakarta ini layak menembus ranking 19 dunia.

Legenda Tenis Indonesia Nilai Yogyakarta Punya Potensi Besar Kembangkan Sport Tourism

Yayuk Basuki, Wakil Sekretaris Jenderal PAN.

Bukan cuma itu, Yayuk juga punya catatan impresif kala membela Indonesia di pentas Piala Fed. Ketua Umum Indonesian Olimpian Association (IOA) itu pun mencatatkan kemenangan terbanyak (dari sektor tunggal dan ganda) di Piala Fed.

Legenda Tenis Yayuk Basuki Diangkat Jadi Bunda Asuh Anak Stunting di DIY

Sosok 48 tahun yang kini menjadi anggota DPR-RI tersebut pernah mencatatkan prestasi tertinggi Indonesia melaju hingga babak perempat final Piala Fed sebelum akhirnya dikalahkan Spanyol 0-2.

Mantan petenis Indonesia, Wynne Prakusya.

Namun, siapa sangka khusus untuk sektor tunggal tim Piala Fed jumlah kemenangan Yayuk masih kalah dari juniornya di era pertengahan 1990an yakni Wynne Prakusya.

Di sektor tunggal, Wynne memiliki total 31 kemenangan dan lebih unggul atas torehan Yayuk yang hanya mengemas 29 kemenangan.

Bukan itu saja, Wynne juga punya rekor tak terkalahkan di sektor ganda Piala Fed saat berpasangan dengan Angelique Widjaja dalam 16 pertandingan. Luar biasa!
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya