Ratu Bulutangkis Amerika Jadi Korban Aib Wasit di India Open

Zhang Beiwen.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Turnamen BWF Super 500, India Open 2019, dinodai aib keteledoran wasit mengeluarkan keputusan penting dalam pertandingan.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Insiden itu terjadi di perempatfinal tunggal putri, saat ratu bulutangkis Amerika Serikat, Zhang Beiwen, berhadapan dengan He Bingjiao. Dalam pertandingan krusial yang digelar di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, Beiwen menjadi korban kesalahan keputusan wasit itu.

Beiwen mengungkapkan dalam akun media sosial. Beiwen memprotes keputusan wasit yang membiarkan tunggal putri China itu melakukan pelanggaran.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Menurut Beiwen, He telah melakukan pelanggaran ketika mengembalikan bola pendek di depan net yang dilepaskannya. Beiwen menyatakan, He melakukan pelanggaran karena tubuhnya menyentuh net.

Tapi, apa yang terjadi, wasit yang memimpin pertandingan tetap menyatakan tak ada pelanggaran yang terjadi. Padahal, dalam rekaman video pertandingan, tampak jelas tubuh He menyentuh bagian net.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Dalam video rekaman pertandingan terlihat jelas net tiba-tiba saja bergoyang ketika tubuh He terhempas ke depan saat berusaha menggapai bola pendek dari Beiwen.

"Jelas tubuh dia (He) menyentuh net sebelum membalikkan badan. Tolong beri tahu saya cara melaporkan kejadian ini??," tulis Beiwen seperti dikutip VIVA.co.id, Senin, 1 April 2019.

Beiwen tak terima dengan keputusan wasit itu. Apalagi, saat itu laga memang sedang kritis, peristiwa itu berlangsung di gim kedua ketika poin keduanya sama kuat 23-23. Saat itu, Beiwen membutuhkan kemenangan untuk bisa memaksakan rubber game.

"Saya pikir ini sangat tidak profesional, wasit melewatkan pelanggaran yang jelas ini," Beiwen.

Perlu diketahui, dalam pertandingan itu, akhirnya Beiwen kalah dengan poin 18-21 dan 24-26. He melaju ke final dan akhirnya kalah di tangan pemain Thailand, Ratchanok Intanon.

Baca: Luar Biasa, Praveen/Melati Meroket ke Ranking 11 Bulutangkis Dunia

.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya