Final Tragis, Anthony Ginting Berbalik Dihajar Raja Bulutangkis Dunia

Anthony Sinisuka Ginting menang mudah atas Toby Penty di Piala Sudirman 2019
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Sungguh tragis, Anthony Sinisuka Ginting gagal membawa pulang gelar juara Singapore Open 2019, karena dikalahkan raja bulutangkis dunia, Kento Momota di final Singapore Open 2019.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Padahal Anthony sudah unggul dan cuma membutuhkan 4 poin saja untuk menjuarai turnamen BWF Super 500 itu.

Ranking 1 dunia pemegang gelar juara All England Open 2019 itu mengalahkan Ginting dalam rubbergame dengan poin yang cukup telak.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Dalam pertandingan yang digelar di lapangan utama Singapore Indoor Stadium, Minggu siang, 14 April 2019, sejak awal gim Kento Momota sudah berusaha menekan Anthony Ginting. Terbukti dia berhasil membuka laga dengan 2 poin.

Tertinggal poin, Anthony Ginting berusaha tampil tenang, perlahan tapi pasti poin demi poin diraihnya dan akhirnya bisa menyamakan angka pada kedudukan 3-3.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Usai menyamakan angka, Anthony Ginting langsung berbalik unggul. Bahkan, jelang jeda dia sudah unggul sementara dengan poin telak 4-11.

Usai jeda, Ginting tak mengendurkan tempo permainan, serangan bervariasi yang dilancarkannya berhasil membuat juara dunia itu kalang kabut. Akhirnya pada menit 17, Anthony Ginting merebut kemenangan dengan angka mutlak 10-21.

Pada gim kedua, sejak awal gim Anthony Ginting dan Kento Momota saling berbagi angka. Ginting membuka dengan 1 poin dan dibalas Kento hingga poin terus saling kejar pada kedudukan 2-2 hingga 8-8. Jelang jeda, Ginting menyalip perolehan poin Kento dan berbalik unggul sementara pada kedudukan 9-11.

Usai jeda, Anthony Ginting kembali mendapatkan 4 poin untuk memperlebar jarak menjadi 11-15. Mendekati akhir pertarungan ini, Kento berusaha meningkatkan penampilannya, dia menyerang Anthony Ginting dengan variasi serangan smes menyilangnya.

Kento Momota

Usaha Kento Momota membuahkan hasil, dia mendapatkan beberapa poin untuk memangkas jarak poin pada kedudukan 15-17 dan di menit 42, Kento menyamakan angka jadi 17-17 dan berbalik unggul 18-17.

Namun, entah apa yang terjadi pada Ginting. Dia malahan menyia-nyiakan peluang menang dan berbalik kalah. Di menit 47, Kento merebut kemenangan dengan poin tipis 21-19 dan memaksa Ginting berduel 1 gim lagi.

Kekalahan di gim kedua tak membuat semangat juara China Open 2018 itu kendor, malahan di awal gim dia langsung tampil menganas, Kento dibuat tak berdaya tertinggal poin cukup jauh 2-7. Dan unggul sementara di jeda turun minum dengan angka 7-11.

Sayangnya, usai jeda penampilan Ginting mulai kendor dan Kento berhasil menyamakan angka 12-12. Malahan di menit 47, dia berbalik unggul 16-12.

Bahkan, akhirnya Kento berbalik merebut kemenangan dan menjuarai Singapore Open 2019 setelah menutup pertandingan di menit 72 ke dengan poin 21-13.

Untuk diketahui, Kento melaju ke final setelah terlibat pertarungan besar melawan raja bulutangkis Eropa, Viktor Axelsen.

Sementara itu, Anthony Ginting sebelumnya mengalahkan juara bertahan Singapore Open, Chou Tien Chen. Dan di perematfinal dia menumbangkan raksasa bulutangkis China, Chen Long.

Baca: Usai Hajar Kevin/Marcus, Duo Jepang Rebut Tahta Juara Ahsan/Hendra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya