New Zealand Open, Pertarungan Pembuka Menuju Olimpiade 2020

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Humas PBSI/Widya Amelia

VIVA – Genderang perburuan tiket menuju tampil di pentas Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga bulutangkis kini mulai ditabuh. Perhitungan akumulasi poin kualifikasi Olimpiade dengan melalui sistem peringkat dunia juga telah resmi bergulir sejak 29 April 2019 hingga 26 April 2020.

Benarkah Biaya Sewa Mahal, PBSI Bongkar Alasan Indonesia Open 2024 Batal Digelar di Indonesia Arena

Deretan pebulutangkis sejagat raya pun bertekad untuk bisa langsung tancapkan gas demi mengamankan tempat berlaga di ajang pesta olahraga terakbar ke-32 tahun depan tersebut.

Dan turnamen pembuka yang bakal masuk perhitungan kualifikasi Olimpiade Tokyo yakni ajang New Zealand Open BWF World Tour Super 300 yang bergulir pada 30 April hingga 5 Mei 2019 mendatang di Eventfinda Stadium, Auckland, Selandia Baru.

8 Pebulutangkis Indonesia Kena Sanksi Berat BWF, Ada yang Dihukum Seumur Hidup

Nantinya, akan ada 124 slot kuota (total 172 nama pebulutangkis) yang diperebutkan dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Ada pun perincian dari 124 kuota tersebut adalah 38 slot untuk masing-masing sektor tunggal putra dan putri (76) serta 16 slot untuk masing-masing sektor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran (48). Atau jika dijumlah semua atlet bulutangkis yang akan tampil di pentas Olimpiade Tokyo 2020 totalnya adalah sebanyak 172 nama atlet tunggal dan ganda.

Jonatan Christie Terjatuh dari Kursi Roda dan Juara di French Open

Untuk sektor tunggal, setiap negara berhak mengirim maksimal 2 pebulutangkisnya yang berada dalam peringkat16 besar dunia pada akhir masa perhitungan kualifikasi Olimpiade yang akan diumumkan 28 April 2020 mendatang.

Sedangkan untuk sektor ganda, setiap negara berhak mengirim maksimal 2 pasangan di masing-masing sektor (ganda putra, ganda putri dan ganda campuran) yang berada dalam peringkat 8 besar dunia. Seperti terangkum dalam tautan ini.

Cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo akan mulai dipertandingkan pada 25 Juli hingga 3 Agustus 2020 di arena Musashino Forest Sport Plaza, dengan memperebutkan 5 medali emas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya