Dampak Besar Pembantaian 3 Ratu Ganda Bulutangkis Dunia di New Zealand

Kim So Yeong/Kong Hee Yong
Sumber :

VIVA – Pembantaian terhadap 3 ratu ganda putri dunia di New Zealand Open 2019 yang dilakukan Kim So Yeong/Kong Hee Yong ternyata berdampak cukup besar. Karena aksi mereka, dua gadis Korea Selatan itu berhasil melejitkan peringkat mereka di daftar ranking bulutangkis ganda putri dunia.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Dalam daftar rangking terbaru yang diterbitkan Federasi Bulutangkis Dunia alias BWF, di pekan 19, Rabu, 8 Mei 2019, ranking Kim/Kong meroket 9 peringkat dari ranking 30 dunia ke 21 dunia.

Ranking meroket karena mendapatkan poin yang cukup besar ketika menjuarai New Zealand Open 2019. Dari turnameb BWF Super 300 itu, Kim/Kong mendulang 7.000 poin.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Pada pekan 18, perolehan poin Kim/Kong masih 35.390 poin. Kini sudah bertambah pada angka 42.930.

Kim/Kong membuat mata pecinta bulutangkis dunia terbelalak ketika dia membantai 3 ratu bulutangkis dunia di turnamen berhadiah 150 ribu dolar Amerika Serikat itu.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Mulai dari ranking 1 dunia, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara; ranking 2 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota; dan ranking 4 dunia, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Kim So Yeong/Kong Hee Yong vs Misaki/Ayaka di final New Zealand Open 2019.

Ketiga ratu bulutangkis dunia itu dihajar tanpa ampun mulai dari perempatfinal sampai final. Padahal, Kim/Kong cuma bercokol di ranking 30 dunia.

Mayu/Wakana merupakan korban pertama keganasan Kim/Kong. Juara dunia itu dikalahkan di perempatfinal dalam pertarungan dramatis selama 65 menit dengan angka 11-21, 21-14 dan 21-15.

Lalu, giliran Yuki/Sayaka yang harus merasakan sakitnya dikalahkan pemain non-unggulan itu, Yuki/Sayaka dihajar di semifinal. Dalam pertemuan itu, terjadi pertarungan sengit selama 1 jam 42 menit.

Meski sempat menang di gim pertama. Akhirnya Yuki/Sayaka mengalami nasib sama dengan Mayu/Wakana. Mereka digebuk melalui rubbergame dengan poin 18-21, 24-22 dan 21-18.

Di final, Kim/Kong bertemu juara Olimpiade 2016 Rio, Misaki/Ayaka. Pertarungan diprediksi bakal panas, apalagi Misaki/Ayaka punya tugas untuk membalaskan dendam rekan senegara mereka yang dilibas Kim/Kong.

Sayangnya, upaya membalas dendam sekaligus menjuarai turnamen BWF Super 300 itu kandas. Kim/Kong hanya memerlukan pertarungan dalam dua gim saja untuk memastikan diri sebagai juara New Zealand Open 2019.

Sebenarnya, tak cuma trio ratu raksasa bulutangkis dunia itu saja yang dihancurkan Kim/Kong di ventfinda Stadium, Auckland, New Zealand.

Di babak pertama turnamen itu, Kim/Kong melumat wakil tuan rumah, Sally Fu/Alyssa Tagle. Lalu di babak 16, Kim/Kong menghajar duo Jepang pemegang ranking 7 dunia, Shiho Tanaka/Yukiko Yonemoto.

Baca: Kevin/Marcus Terjun Bebas ke Ranking 9 Tur Bulutangkis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya