Final Dahsyat di Senayan, Yuki/Sayaka Kembali Juarai Indonesia Open

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota saat juarai Indonesia Open 2018.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Perang saudara antara 4 pebulutangkis Jepang untuk memperebutkan tahta juara ganda putri turnamen termahal dunia, Indonesia Open 2019, berlangsung panas.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Pertarungan itu melibatkan juara bertahan Indonesia Open 2018, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dengan juara Olimpiade Rio 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahasi.

Dalam pertandingan final turnamen BWF Super 1000 yang dilangsungkan di lapangan utama Istora Senayan, Jakarta, Minggu Pahing, 21 Juli 2019, Yuki/Sayaka dan Misaki/Ayaka tampil garang.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Sejak awal gim pertama pertarungan berlangsung sengit, Misaki/Ayaka sempat memimpin 2 angka. Tapi langsung dibalas oleh Yuki/Ayaka.

Terlihat jelas Yuki/Ayaka tak mau begitu saja menyerahkan mahkota juara dirampas ranking 4 dunia itu. Setelah menyamakan angka pada kedudukan 6-6. Mereka langsung menguasai pertandingan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Dengan serangan cepat dan pertahanan yang rapat, Yuki/Ayaka begitu mudahnya melijitkan angka dan akhirnya di menit 21, ranking 2 dunia itu merebut kemenangan dengan angka telak 16-21.

Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi

Kemenangan di gim pertama membuat juara Malaysia Masters 2019 itu semakin membara. Sejak awal gim kedua dimulai, mereka langsung menekan jantung pertahanan Misaki/Ayaka, 3 poin pun didapatkan untuk keunggulan 0-3.

Mendekati jeda turun minum, tiba-tiba saja Misaki/Ayaka berhasil membalikkan keadaan. Setelah menyamakan angka pada kedudukan 6-6 setelah tertinggal 3-6, mereka berbalik unggul 9-6 setelah mendapatkan 6 angka beruntun. Dan hebatnya mereka unggul 11-7 saat jeda.

Usai jeda pun juara Indonesia Open 2017 itu berhasil menambah pundi-pundi poinnya dan unggul jauh pada angka 14-10. Bahkan, mereka semakin melambungkan poin jadi 17-10.

Ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Dalam kondisi tertinggal, Yuki/Sayaka berusaha bangkit. Mereka berhasil lepas dari dominasi tekanan Misaki/Ayaka. Dan di menit 45, Yuki/Sayaka berhasil merapatkan angka jadi 17-16 setelah mendapatakan 7 poin beruntun.

Dan paling ajaib, di menit 46, Yuki/Sayaka berhasil menyamakan angka jadi 18-18. Kondisi ini membuat tensi pertandingan semakin memanas.

Bahkan, di menit 50 Yuki/Sayaka berbalik unggul 2 angka pada kedudukan 18-20. Tepat di menit 51, Yuki/Sayaka berhasil mendapatkan 1 angka penutup pertarungan dengan angka akhir 18-21.

Tak cuma berhasil mempertahankan gelar juara. Tapi Yuki/Sayaka mencetak sejarah baru bagi negaranya di turnamen berhadiah total 1.250.000 dolar Amerika Serikat ini. Mereka merupakan satu-satunya ganda putri Jepang yang berhasil menjuarai Indonesia Open 2 kali beruntun.

Baca: Istora Memanas, Kevin/Marcus Bentrok Vs Ahsan/Hendra di Final

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya