Terungkap, Sosok Ini Bikin Lin Dan Jadi Raja Raksasa Bulutangkis Dunia

Legenda bulutangkis China, Lin Dan.
Sumber :
  • Instagram: Lin Dan

VIVA –  Raja raksasa bulutangkis dunia, Lin Dan memutuskan pensiun. Ia mengumumkan gantung raket pada Sabtu, 4 Juli 2020 melalui media sosial. 

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Lin Dan sudah berkarier selama 20 tahun. Beberapa prestasi pun ia torehkan, dari dua kali peraih emas di Olimpiade hingga lima kali juara dunia. 

"Dari tahun 2000 sampai 2020, setelah 20 tahun saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengatakan dengan lantang," kata Lin Dan dikutip VIVA Bulutangkis dari Xinhua. 

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Baca juga: Mengerikan, Praveen/Melati Habisi 5 Ganda Campuran Top Dunia

Meski telah pensiun, ada pengakuan mengejutkan dari Lin Dan. Ia mengungkap sosok yang membuatnya menjadi pemain tangguh dan meraih sederet prestasi.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Menurut Lin Dan, hal yang menjadikannya makin mengerikan dalam setiap performa bukan karena pelatih. Sosok lawan yang kuat seperti Lee Chong Wei merupakan sosok yang berpengaruh menjadikannya makin tahan banting.

Pebulutangkis China, Lin Dan.

"Kadang-kadang, memiliki lawan yang hebat lebih penting daripada pelatih," kata Lin Dan dikutip VIVA Bulutangkis dari situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Rabu 29 Juli 2020.

Lin Dan juga menjelaskan, kekuatan Lee Chong Wei justru membuatnya meningkatkan kapasitas sebagai pebulutangkis. 

“Ketekunan dan kekuatannya benar-benar mendorong Anda. Ketika Anda berpikir itu tidak apa-apa, dia akan membuat Anda meningkatkan kapasitas diri Anda," ucapnya.

"Dia atlet yang hebat. Dia berlatih sangat keras setiap hari untuk berada dalam kondisi terbaik sehingga dia bisa mengalahkan saya dan menjadi juara,” kata Lin Dan.

Baca juga: Fajar/Rian Menggila, Kubur Mimpi Kevin/Marcus di Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya