Kata Djokovic Usai Kehilangan Status Petenis Nomor 1 Dunia

Petenis Serbia, Novak Djokovic
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville

VIVA.co.id - Novak Djokovic harus rela lengser dari rangkat pertama dunia versi ATP, menyusul kegagalannya di Paris Masters 2016. Posisi petenis asal Serbia itu sukses direbut oleh Andy Murray.

Selamatkan 5 Match Point, Andy Murray Tembus Final Qatar Open 2023

Langkah Djokovic terhenti di babak perempatfinal oleh Marin Cilic pada Sabtu 5 November 2016 dini hari WIB. Ini menjadi kali pertama Djokovic gagal ke semifinal dalam tiga musim terakhir.

Statusnya sebagai petenis pria nomor satu dunia yang dipertahankannya selama 112 pekan lenyap. Ini tak lain berkat langkah mulus Andy Murray, yang berhasil melaju hingga babak final Paris Masters.

Sadis, Petenis Remaja Pecundangi Novak Djokovic Sabet Gelar Juara Paris Masters 2022

Dilansir BBC Sports, ini menjadi prestasi pertama bagi petenis berusia 29 tahun tersebut sejak diberlakukannya sistem komputerisasi rangking yang update tiap pekan, diterapkan pada tahun 1973.

Pada musim ini, Murray sendiri sudah melaju ke 11 final dari 12 turnamen yang diikutinya dengan 73 kemenangan. Tak heran bila Djokovic, menilai petenis asal Inggris tersebut pantas mendapatkannya.

Petenis Nomor 1 Dunia Carlos Alcaraz Absen di ATP Finals dan Piala Davis

"Dia (Murray) jelas pemain yang pantas mendapatkannya. Tidak perlu diragukan lagi, perlu menaruh hormat atas apa yang sudah dilakukannya," kata Djokovic dilansir situs ATP.

"Kami sudah tahu satu sama lain sejak awal karier. Saya kira, sudah 11 tahun lamanya sejak kami bertanding pertama kalinya. Bisa melihat bagaimana ia meningkatkan levelnya dalam 12 bulan terakhir adalah sesuatu yang luar biasa," sambungnya.

Petenis Inggris. Andy Murray

Andy Murray Sabet Gelar Perdana Sejak 2019

Mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray memenangi gelar pertamanya sejak 2019, Minggu 7 Mei 2023, dengan kemenangan di Aix-en-Provence Challenger di Prancis.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2023