Denis Istomin, Petenis Minim Gelar 'Pembunuh' Djokovic

Petenis Uzbekistan, Denis Istomin
Sumber :
  • Reuters/Issei Kato

VIVA.co.id – Kejutan besar terjadi di babak 2 Australian Open 2017. Petenis non-unggulan asal Uzbekistan, Denis Istomin, sukses menyingkirkan juara bertahan, Novak Djokovic.

Absen di Australia Open, Novak Djokovic Bisa Pertahankan French Open

Istomin yang berstatus peringkat 117 dunia mengalahkan Djokovic lewat drama sengit 5 set. Djokovic kalah dari petenis 30 tahun ini 6-7(8), 7-5, 6-2, 6-7(5), 4-6 dalam laga yang berlangsung di Rod Laver Arena.

Seperti dihimpun dari berbagai sumber, Istomin dilahirkan di Orenburg, Rusia, dari pasangan Oleg dan Klaudiya Istomin. Ayahnya yang merupakan warga negara Uzbekistan, membawa keluarganya pindah ke Tashkent, Uzbekistan, saat Istomin baru berusia 3 bulan.

Anti Vaksin Covid-19, Novak Djokovic Dilarang Tampil di Italia

Istomin dilatih tenis oleh ibunya, saat masih berusia kanak-kanak. Dia sempat mengalami kecelakaan mobil pada 2001, sehingga membuatnya harus absen dari dunia tenis selama 2 tahun. Meskipun demikian, Istomin akhirnya kembali beraksi pada April 2003.

Nama Istomin memang jarang terdengar di dunia tenis. Satu-satunya gelar yang pernah diraihnya di nomor tunggal adalah Aegon Open Nottingham 2015. Hal ini tentunya berbeda jauh dengan Djokovic yang sudah mengoleksi 67 gelar sepanjang kariernya.

Novak Djokovic Tergusur dari Peringkat Nomor Satu Dunia

Prestasi Istomin lebih baik di nomor ganda. Dia sempat menjadi juara dalam tiga turnamen, yakni di Kremlin Cup 2013, Open Sud de France 2014, dan Swiss Open 2015.

Istomin sempat beberapa kali mengikuti turnamen bergengsi. Namun, dia tak pernah melaju jauh. Prestasi terbaiknya di Australian Open adalah babak 3 pada 2010 dan 2014, sebelum kembali menembus babak 3 di tahun ini.

Di French Open, Istomin sempat lima kali menembus babak 2. Sedangkan pencapaian terbaiknya di Wimbledon dan US Open adalah menembus babak 4. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya