Nadal: Federer Layak Juara

Roger Federer menang atas Rafael Nadal di Australian Open.
Sumber :
  • REUTERS/David Gray

VIVA.co.id – Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, gagal menyabet gelar juara Australian Open 2017, usai ditumbangkan Roger Federer di partai final. Dalam pertandingan yang digelar di Rod Laver Arena,  Nadal tumbang dari Federer, 6-4 3-6 6-1 3-6 6-3, Minggu 29 Januari 2017 WIB.

Kebangkitan Rafael Nadal Usai Absen Setahun

Kegagalan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi petenis berusia 30 tahun. Nadal sebelumnya sempat dua kali menembus partai final di tahun 2012 dan 2014. 

Dalam dua final sebelumnya, Nadal juga gagal. Di ajang Australia Open 2012, Nadal kalah dari Novak Djokovic. Dua tahun berselang di ajang yang sama, Nadal juga gagal juara setelah digantikan petenis Swiss, Stanislas Wawrinka. 

Nadal Tandai Comeback di Brisbane

Prestasi terbaik Nadal di ajang Australia Open adalah saat menyabet gelar juara tahun 2009 lalu. Saat itu, Nadal juga berhadapan dengan Federer, dan mampu mengalahkan Federer juga lewat pertandingan lima set.

Usai pertandingan, Nadal mengatakan jika Federer layak untuk mendapat gelar juara. Kondisi cedera yang pernah dialaminya, memang diakui Nadal sempat jadi penghalang. Namun, kesuksesan menembus final jadi pembuktian bahwa ia masih belum habis.

Tak Lagi Muda, Novak Djokovic Bidik Sejarah Baru di Final Wimbledon

"Semua peristiwa di sini tak pernah terlupakan, terutama di sini. Melbourne selalu akan ada di hati saya. Saya memiliki waktu yang sulit tanpa bisa bersaing di kompetisi penuh. Beberapa cedera, bukan hal baru bagi saya. Saya sangat bekerja keras untuk mendapat tempat saat ini. Mungkin Roger layak mendapatkannya dari saya hari ini," ujar Nadal dikutip BBC.

"Saya akan terus berusaha. Saya merasa bisa kembali pada tingkat yang sangat tinggi. Saya akan kembali datang ke sini, dan berusaha untuk meraih piala. Ini ketiga kalinya saya (menembus final). Sangat indah, tapi lebih baik jika saya mendapat trofi. Saya ucapkan terima kasih atas semua dukungan, semua orang yang memungkinkan saya berada di sini," katanya.

Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal

Rafael Nadal Dipastikan Absen di Australian Open 2024

Petenis Spanyol Rafael Nadal mundur dari Australian Open 2024 karena mengalami cedera pada ototnya setelah hampir sepekan kembali dari absen selama setahun karena cedera.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024