Annisa Pohan

annisa
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA.co.id – Setelah menjadi presenter sebuah acara sepakbola, Liga Jerman (Bundesliga), di stasiun televisi swasta, nama Annisa Pohan melejit di dunia hiburan. Hubungannya dengan putra pertama Presiden RI, Agus Harimurti Yudhoyono dan pernikahan mereka yang super mewah di Istana Bogor melambungkan nama model iklan shampo.

Annisa Pohan Tampil Anggun di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Nama lengkapnya Annisa Larasati Pohan. Anak kedua pasangan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Aulia Pohan dan Mulyaningsih ini lahir di Boston, Amerika Serikat pada 20 November 1981.

Semasa kecil, Annisa sempat pindah ke Tokyo, Jepang selama beberapa tahun mengikuti kedua orangtuanya. Setelah itu, keluarga ini kembali ke Indonesia dan menetap di Jakarta dari SD hingga lulus dari SMU 70 Bulungan Jakarta. Annisa menempuh pendidikan tingginya di Universitas Padjajaran Bandung hingga meraih sarjana ekonomi. Selama menjalani pendidikan, Annisa merambah dunia broadcasting dan menjadi seorang penyiar di radio anak muda, OZ Bandung.

Datang ke Istana Merdeka, Agus Yudhoyono Pakai Baju Adat

Annisa mengawali kariernya setelah  menjadi finalis Gadis Sampul dan meraih juara ketiga pada 1997. Saat sedang menonton sebuah konser Yovie and The Nuno pada 2001, Annisa ditawari agar ikut serta dalam pemilihan Tiara Sunsilk. tak disangka, pemilik tinggi badan 164 cm ini masuk sebagai salah satu finalis dan akhirnya dinobatkan sebagai gadis Tiara Sunsilk 2001. Dari sini, kariernya di dunia hiburan terbuka lebar.

Namanya makin berkibar saat menjadi presenter sebuah acara olahraga, Sport di stasiun televisi RCTI. Selanjutnya Annisa membawakan acara olahraga sepakbola, La Liga dan Bundesliga di stasiun televisi yang sama. Annisa merupakan segelintir selebritis wanita yang terjun ke dalam tayangan televisi yang menampilkan olahraga sepakbola. Dara keturunan  Sumatera Utara dan Jawa Timur terus berkiprah dengan menjadi presenter dan MC di berbagai acara.

PR Annisa Pohan untuk Anies dan Sandiaga Uno

Kisah Cinta

Hubungan Annisa dan anak pertama presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti, terjalin saat keduanya masih sama-sama sekolah di Bandung. Jalinan cinta keduanya mendapat restu kedua orangtua dan akhirnya pernikahan keduanya terjadi pada Jumat, 8 Juli 2005.  Akad nikah pasangan ini menjadi pusat perhatian karena Annisa yang dipersunting putra orang nomor satu di Indonesia.

Acara ijab kabul pernikahan keduanya berlangsung di kediaman Annisa, Jalan Senopati 8 Jakarta Selatan. Pernikahan mereka dihadiri para pejabat tinggi negara. Wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla dan mantan Gubernur BI Arifin M Siregar bertindak sebagai saksi dengan penghulu Kepala Kantor Urusan Agama Kebayoran Baru Anwar Saadi.

Acara ijab kabul dilaksanakan dengan adat Yogyakarta. Ayah Annisa, Aulia Pohan bertindak sebagai wali nikah dengan emas kawin seperangkat alat shalat dan uang Rp 872.005.

Setelah resmi menjadi suami-istri, gelaran  pernikahan Annisa-Agus berlanjut dengan acara ngunduh mantu  dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Nyonya Ani Yudhoyono. Acara sungkeman berlangsung hikmat. Presiden SBY sempat berkomentar mengenai menantunya tersebut. Menurut SBY, Annisa dan Agus memiliki persamaan dan Annisa merupakan pilihan paling tepat bagi putranya. 

Annisa dinilai sebagai seorang yang cocok mendampingi putranya yang merupakan TNI. Sebagai seorang istri prajurit, Annisa harus dapat menerima kondisi tugas suami meski ditinggalkan saat harus bertugas. Annisa sendiri mengaku siap menjalani kewajiban sebagai seorang istri prajurit.

Resepsi di Istana Bogor

Puncak acara Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Larasati Pohan sebagai raja dan ratu berlangsung  Sabtu, 9 Juli 2005 di  halaman belakang Istana Bogor, seluas 28 hektar pada masa Baron van Imhoff.

Daftar undangan dalam perhelatan pernikahan putra orang nomor satu di Indonesia berjumlah ribuan, dari para pejabat negara, pejabat militer, tamu negara hingga kalangan selebritis yang mengisi acara. Tak tanggung-tanggung, agar acara berlangsung lancar, arus kendaraan di seputar istana Bogor dimodifikasi agar memudahkan para undangan. Selain itu, semua kamar di hotel salah satunya The heritage yang terletak persis di depan Istana Bogor telah dipesan untuk keperluan resepsi acara.  

Setelah diawali prosesi Pedang Pora, resepsi berlangsung dengan sangat meriah. Resepsi menyediakan puluhan jenis makanan dan minuman nusantara yang didatangkan dari empat katering Jakarta. untuk hiburan, para tamu dihibur Purwacaraka bersama orkestranya bersiap mengiringi beberapa artis kelas atas, seperti Ahmad Dhani, Krisdayanti, dan Ruth Sahanaya. Perhelatan pernikahan akbar ini diperkirakan menghabiskan biaya hingga Rp 2 miliar

Sebelum acara resepsi, SBY sempat memberikan konferensi pers mengenai pernikahan anak pertamanya. Beberapa bulan setelah menikah dan melangsungkan bulan madu, Annisa harus ditinggal karena Agus bertugas untuk pasukan keamanan PBB ke Afganistan selama setahun.

Kelahiran Anak

Setelah Agus pulang ke Indonesia, Annisa dinyatakan hamil. Tepat pada hari kemerdekaan RI ke-63,  17 Agustus 2008,  Annisa melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Almira Tunggadewi Yudhoyono melalui operasi caesar.

Setelah menikah dan memiliki anak, Annisa  tak sepenuhnya meninggalkan dunia model yang membesarkan namanya. Selain mengurus keluarga, Annisa dan anak pertamanya yang dipanggil Aira kemudian menjadi ikon sebuah produk batik nasional, Allure.

BIODATA

Nama Lengkap  : Annisa Larasati Pohan
Tempat, Tanggal Lahir  : Boston, 20 November 1981
Profesi : Model, Ibu rumah tangga
Akun Media Sosial : Twitter @annisapohan
    Instagram  @annisayudhoyono
   
KELUARGA  
Suami : Agus Harimurti Yudhoyono
Anak : Almira Tunggadewi Yudhoyono
Orang Tua : Aulia Pohan dan Mulyaningsih

KARIER

  • Penyiar Radio OZ, Bandung

IKLAN

  • Olay Indonesia (2012-Sekarang)
  • Pantene (2008- 2011)
  • Alleira Batik (2007-sekarang)]
  • Blackberry (2011-Sekarang)
  • Delphine & co (2011-sekarang)
  • Sunsilk (2001)

Presenter

  • Sport
  • La Liga
  • Bundesliga

PENGHARGAAN

  • Juara III Gadis Sampul 1997
  • Gadis Sunsilk 2001
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya